Polres Sukoharjo Gelar Apel Siaga Ambulans dan Pelatihan Evakuasi Laka

Nanang SN
Simulasi evakuasi laka lantas dalam kegiatan apel siaga ambulans dan pelatihan yang digelar Polres Sukoharjo. (Foto: iNews/ Nanang SN)

SUKOHARJO, iNewsSragen.id - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sukoharjo mengadakan apel bersama relawan operator ambulans dan pelatihan Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) kepada operator ambulans yang beroperasi di wilayah Sukoharjo dan sekitarnya.

Apel bersama dan pelatihan itu diikuti perwakilan dari 57 komunitas operator ambulans dengan tujuan memberikan pengetahuan umum tentang pertolongan awal atau evakuasi pasien oleh operator ambulans sebelum proses merujuk ke IGD RS.

"Apel bersama dan pelatihan ini dalam rangka kesiapan menjelang Pemilu 2024, ini kolaborasi antara Polres Sukoharjo dengan FAST (Forum Ambulans Sukoharjo Bersatu), Dishub, Jasa Raharja, dan Forkopimda," kata Kapolres di sela acara yang berlangsung di Mapolres, Rabu (27/9/2023).  

Dalam kegiatan itu juga dilaksanakan simulasi evakuasi korban kecelakaan dengan melibatkan anggota Satlantas dari unit Traffic Accident Analysis (TAA), ambulans, serta mobil derek.

Banyak masyarakat yang belum memahami bagaimana cara evakuasi pasien dengan benar. Oleh karenanya, pelatihan menjadi penting agar relawan mengerti adanya gold periode dalam kasus kegawatdaruratan yang dipengaruhi oleh cara evakuasi pasien.

"Seluruh relawan operator ambulans yang terdaftar di Polres Sukoharjo jumlahnya ada 57 unit, ada yang dari rumah sakit, PMI, komunitas, Puskesmas, maupun yang lainnya. Mereka siap membantu dan melayani masyarakat 1x24 jam, baik yang sakit maupun korban kecelakaan," ujar Sigit. 

Editor : Sugiyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network