Kebakaran Gunung Lawu Trending Twitter, Gegara Muncul Asap Putih Disertai Kilatan Cahaya

Nanang SN
Kebakaran lereng Gunung Lawu dilihat dari Magetan, Jawa Timur pada,Sabtu (30/9/2023) pagi/ Twitter/ @tvkangjualzoom

SUKOHARJO,iNewsSragen.id - Penampakan asap putih disertai munculnya kilatan cahaya di Gunung Lawu, Karanganyar, Jawa Tengah, jadi trending topik warganet di Twitter Indonesia pada Sabtu (30/9/2023).

Pantauan hingga pukul 14.00 WIB, hampir 3.000 tweet menggunakan kata kunci "Lawu" telah dicuitkan oleh warganet. Dalam cuitan itu, mereka juga membagikan video serta foto yang memperlihatkan gumpalan asap putih dan kilatan cahaya, pada Jumat (29/9/2023) malam.

Salah satu video dibagikan oleh akun Twitter Merapi Undercover @merapi_uncover merespon unggahan warganet. Dalam video itu terlihat sejumlah orang yang sedang berada Sakura Hill ramai mengamati asap putih dan kilatan cahaya itu.

"Dapat kiriman dari pemirsah instagram yang sedang camp di Sakura Hills, ada kejadian tidak terduga dari Kawah Candradimuka gunung Lawu, terlihat kepulan asap putih pekat dan kilatan petir dari Kawah Gunung Lawu. Ada yang bisa menjelaskan kenapa gaes? Semoga Lawu baik baik saja," cuit Merapi Undercover.

Unggahan itu langsung mendapat respon beragam. Ada yang berpendapat gunung Lawu sedang bangun dari tidur panjang, lalu ada juga yang mengaitkan dengan penelitian yang pernah dilakukan oleh NASA.

Menguak atas rasa penasaran warganet tersebut, akun Twitter Info Jateng @Jateng_Twit menyebut, bahwa gumpalan putih di lereng Gunung Lawu tersebut bukan awan. Tapi merupakan asap kebakaran hutan.

"Info update terkini kebakaran hutan Gunung Lawu Sabtu, 30 September 2023. Bukan awan, tapi asap tebal akibat kebakaran semakin menyelimuti daerah gunung. Terpantau dari daerah di Jogorogo, memang hari ini angin agak bertiup cukup kencang," cuit Info Jateng.

Disebutkan, bahwa lereng Gunung Lawu yang mengalami kebakaran itu berada di wilayah Ngawi, Jawa Timur Terbakar. Bahkan kobaran api terlihat sampai Magetan .

"Hutan Gunung Lawu di Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Manyul masuk kawasan Desa Girimulyo Kecamatan Jogorogo Ngawi kembali kebakaran ," tulis Info Jateng.

Editor : Joko Piroso

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network