Operasi Mantap Brata Candi di Sukoharjo, Polri Batasi Usia Personel Pengamanan TPS Pemilu 2024

Nanang SN
Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Candi 2023 di halaman Setda Kabupaten Sukoharjo.Foto:iNews/Istimewa

Terlebih lagi, Pemilu 2024 memiliki kompleksitas tersendiri karena dilaksanakan secara serentak dengan rentan waktu yang berdekatan, wilayah yang luas, geografis yang beragam serta melibatkan jumlah pemilih yang besar.

Oleh sebab itu, guna mengamankan Pemilu 2024 maka Polri didukung TNI, kementerian/lembaga, instansi terkait dan mitra kamtibmas lainnya menggelar Operasi Mantap Brata tahun 2023-2024.

Operasi ini dilaksanakan sejak tanggal 19 oktober 2023 sampai dengan 20 oktober 2024 yang diikuti oleh 261.695 personel di seluruh Indonesia guna mengamankan seluruh tahapan Pemilu.

Disisi lain, Kapolri telah mengeluarkan kebijakan baru terkait keterlibatan personel Polri dalam pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu 2024. Hal itu dilakukan sebagai upaya memastikan kesehatan dan efisiensi personel, dimana usia maksimal personel menjadi 50 tahun.

Jika merujuk kebijakan itu, Kabag SDM Polres Sukoharjo, Kompol Tiswanti, menyebutkan saat ini jumlah personel Polres Sukoharjo yang berusia dibawah 50 tahun sebanyak 658 personel.

"Tentunya dalam pengamanan Pemilu 2024 nanti, juga ada tambahan bantuan personel, biasanya diambilkan dari Brimob. Selain itu Polri juga bersinergi dengan TNI serta stakeholder terkait lainnya," pungkas Tiswanti.

Editor : Joko Piroso

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network