Duh! 23 ASN di Kabupaten Sukoharjo Positif Terjangkit HIV AIDS

Nanang SN
Wakil Bupati Sukoharjo Agus Santosa.Foto:iNews/ Nanang SN

Berdasarkan pantauan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) hingga saat ini sudah banyak orang yang terjangkit HIV/AIDS berani terbuka menyatakan dirinya terjangkit virus itu. Ada yang hampir 15 tahun terjangkit namun masih dapat beraktivitas seperti orang normal lantaran mengikuti program pengobatan.

"Jadi kami dari pemerintah daerah, KPA, maupun OPD terkait, sangat berharap terutama kepada kelompok yang masuk populasi kunci jika merasakan gejala supaya segera melakukan pemeriksaan," himbau Agus.

Menyinggung langkah penanggulangan di internal pegawai Pemkab Sukoharjo, Ia mengungkapkan, diantaranya melalui tes darah pada awal masuk menjadi pegawai, kemudian tes darah pada tiap peringatan Hari AIDS Sedunia. Selain itu juga memanfaatkan kegiatan donor darah PMI sebagai screening test.

"Kami menyadari bahwa penyebaran virus ini berhubungan erat dengan perilaku sehari-hari dimana hal itu tidak mungkin sepenuhnya dilakukan kontrol dan pengawasan selama 24 jam nonstop. Yang jelas kemampuan kami terbatas karena itu menyangkut etik dan moral," pungkas Agus.

Editor : Joko Piroso

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network