Kinerja Pengelolaan Sampah Meningkat, Kabupaten Sukoharjo Kembali Raih Adipura

Nanang SN
Bupati Sukoharjo Etik Suryani menerima penghargaan Adipura 2023 dari Kementerian LHK di Jakarta. (Foto: Istimewa)

SUKOHARJO, iNewsSragen.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukoharjo, Jawa Tengah, kembali meraih penghargaan Adipura 2023 pada tahun 2024. Sukoharjo kembali meraih penghargaan Adipura untuk kali ke-4 dengan kategori kota kecil.

Penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) ini diperoleh atas penilaian adanya upaya peningkatan kinerja dalam pengelolaan sampah yang dilakukan oleh Pemkab Sukoharjo tahun 2023.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukoharjo, Agus Suprapto yang hadir di Jakarta untuk menerima penghargaan bersama Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, mengatakan, upaya yang sudah dilakukan dalam pengelolaan sampah meliputi peningkatan kinerja TPA Mojorejo.

"Kemudian juga pengelolaan bank sampah, TPS3R, Proklim, Kompos Satu Negeri, termasuk upaya pengelolaan sampah di pasar, pemukiman, sekolah maupun perkantoran," kata Agus dalam keterangannya melalui Humas Kabupaten Sukoharjo.

Sementara, Bupati Sukoharjo mengucapkan terima kasih atas peran serta aktif masyarakat Sukoharjo dalam peningkatan pengelolaan persampahan sehingga penghargaan Adipura kembali bisa diperoleh.

Diketahui, acara pemberian penghargaan Adipura 2024 tersebut berlangsung di kantor KLHK Jakarta, Selasa (5/3/2024), dihadiri langsung oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin sekaligus memberikan sambutan didampingi Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar.

Penghargaan Adipura 2023 diselenggarakan sekaligus sebagai rangkaian Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024. Dalam Adipura dan HPSN 2024 ini, pemerintah kabupaten dan kota didorong menciptakan pola kerja dan sistem pengelolaan sampah terpadu dari hulu ke hilir, berkelanjutan, serta mempertimbangkan aspek lingkungan hidup, sosial, dan ekonomi.

Editor : Sugiyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network