Viral! Kasus Mahasiswa Penerima KIP Kuliah Pamer Gaya Hidup Mewah, Menko PMK: Ditindak Tegas

saskia Adeline Ananda
Menko PMK Muhadjir Effendy (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsSragen.id - Pemerintah menanggapi dengan tegas kasus seorang mahasiswa penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah yang bergaya hidup mewah dan menjadi viral di media sosial.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy menegaskan bahwa KIP Kuliah hanya diperuntukkan bagi mahasiswa yang berasal dari golongan keluarga tidak mampu.

Menko Muhadjir menekankan bahwa KIP Kuliah merupakan program lanjutan dari KIP untuk tingkat sekolah yang ditujukan bagi anak-anak yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Data penerima KIP Kuliah diperoleh melalui Data Pokok Pendidikan (Dapodik), yang memprioritaskan anak-anak dari keluarga tidak mampu dan yatim piatu.

"Di situ sudah jelas yang menerima itu adalah mereka yang tidak mampu dan mereka yang yatim piatu yang diutamakan," kata Menko Muhadjir Effendy, dikutip dari Antara, Kamis (2/5/2024).

Jika penerima KIP Kuliah terbukti tidak sesuai dengan kriteria yang ditetapkan, Muhadjir menegaskan bahwa penerima yang melanggar ketentuan harus mengembalikan apa yang telah mereka peroleh.

Pelanggaran semacam ini juga dapat ditindak lebih lanjut. "Kalau tiba-tiba ada anaknya orang kaya yang menerima KIP, bisa dikejar itu siapa, mudah itu, bisa ditindak," tegas Menko Muhadjir.

Editor : Joko Piroso

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network