Sambut Pilkada, PGN Dukung Kusumo Jadi Calon Wawali Kota Solo

Nanang SN
Silaturahmi PGN sekaligus menyampaikan dukungan kepada Dr BRM Kusumo Putro sebagai balon wawali Kota Solo.Foto:iNews/ Nanang SN

SOLO,iNewsSragen.id - Ormas Patriot Garuda Nusantara (PGN) Makoda Solo menyatakan dukungannya kepada Dr BRM Kusumo Putro yang telah mendaftar dan mengembalikan formulir penjaringan di DPC PDIP Solo sebagai bakal calon (balon) Wakil Wali (Wawali) Kota Solo.

Dukungan itu disampaikan langsung oleh sejumlah pengurus PGN Makoda Solo dalam pertemuan silaturahmi dan konsolidasi dengan PGN Makoda Sragen, PGN Makoda Sukoharjo, dan PGN Makoda Karanganyar di kantor Kusumo kawasan Pujasera Sriwedari, Jl Slamet Riyadi Solo, Minggu (19/5/2024) malam.

"Kami sepakati untuk mendukung mas Kusumo maju sebagai balon wawali Kota Solo. Mas Kusumo ini bagi kami bukan orang lain. Dia kebetulan juga kader PGN sebagai penasehat dan biro hukum," kata Ketua PGN Makoda Solo Agung Yos didampingi Gus Heri selaku Penasehat, dan Mahendra selaku Wakil Panglima.

Menurutnya, dukungan dari PGN untuk kader yang maju dalam kontestasi Pilkada tidak hanya di Kota Solo saja, tetapi juga untuk kader maupun pengurus di masing- masing daerah. Untuk PGN Makoda Solo saat ini disebutkan sudah memiliki anggota sekira 700 orang.

"Tidak hanya di Solo, ada kader kami juga yang mendaftar maju Pilkada di Kabupaten Kulonprogo, DIY. Untuk mas Kusumo ini termasuk tokoh yang ikut membidani terbentuknya PGN Makoda Solo kira-kira 7 tahun lalu," ungkap Agung.

Meskipun Kusumo mendaftar sebagai balon wawali melalui PDIP, hal itu tidak menjadi persoalan bagi PGN yang merupakan ormas independen bidang sosial kemasyarakatan yang tidak terikat dengan partai politik tertentu.

"Dalam Pilkada ini kami mendukung Mas Kusumo sebagai pribadi bukan karena partai politiknya. Karena masyarakat juga perlu kami bertahu bahwa PGN ini non partisan. Pada prinsipnya kami bangga ada kader PGN di Solo maju ikut kontestasi Pilkada," terangnya.

 Selain menyampaikan dukungan, dalam pertemuan itu juga dibicarakan rencana kegiatan PGN se Solo Raya setelah beberapa waktu lalu karena tahun politik Pileg dan Pilpres sempat vakum.

"Untuk program yang paling dekat adalah peringatan Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni dengan donor darah serta konsolidasi secara bergiliran di tiap Makoda yaitu Karanganyar, Sragen, dan daerah lain. Ini diawali dari Solo dipimpin oleh Mas Mahendra selaku Wakil Panglima PGN Makoda Solo," imbuhnya.

Menanggapi dukungan dari PGN Makoda Solo tersebut, Kusumo mengaku merasa bangga dan menyambut baik serta mengucapkan terima kasih. Ia membenarkan bahwa kegiatan PGN selama ini bergerak di bidang sosial masyarakat.

"Sudah banyak yang dilakukan PGN, dan sebagai salah satu buktinya adalah nanti dalam rangka Peringatan Hari Lahir Pancasila akan mengadakan acara donor darah bekerjasama dengan PMI. Ini merupakan kegiatan kemanusiaan, dan sudah rutin dilakukan," katanya.

Sebagai bentuk dukungan atas rencana kegiatan itu, Kusumo mempersilahkan agar kantor hukum yang selama ini ditempatinya dijadikan sebagai lokasi kegiatan. Bahkan ia juga mempersilahkan untuk dijadikan sebagai tempat berkumpul dan berdiskusi.

"Saya berharap agar PGN ini kedepan makin berkembang dan bisa membawa manfaat bagi masyarakat luas. Karena saya sendiri kebetulan juga penasehat PGN," pungkas Kusumo.

Editor : Joko Piroso

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network