get app
inews
Aa Read Next : Dilanda Kekeringan Berkepanjangan, PSHT Cabang Boyolali Pusat madiun Bantu Air Bersih

Demi Ikut Pengesahan Calon Warga SH Terate Timor Leste di Inggris Rela Keluarkan Rp 30 Juta

Minggu, 07 Agustus 2022 | 00:14 WIB
header img
Beredar video viral di media sosial memperlihatkan pengakuan mengejutkan dari beberapa calon warga (Cawa) pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate Timor Leste di Inggris.(Foto: iNewsSragen.id/Humas SH Terate)

TIMOR LESTE, iNewsSragen.id- Beredar video viral di media sosial, pengakuan dari beberapa calon warga (Cawa) pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate Timor Leste di Inggris. Para calon warga itu rela merogoh kocek hingga Rp 30 juta demi bisa mengikuti pengesahan di Pusat Madiun, Jawa Timur. Sabtu (06/08/2022)

 

Menurut keterangan salah satu calon warga menyebut mereka berasal dari Negara Timor Leste yang tinggal di Inggris. Karena kecintaannya kepada Persaudaraan Setia Hati Terate mereka ingin mengikuti pengesahan langsung di bumi kandung SH Terate di Madiun, meskipun jarak dari Inggris ke Madiun sangatlah jauh dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit yakni Rp 30 juta perorangnya. Bahkan salah satu Cawa tersebut juga menjelaskan secara rinci biaya transportasi naik pesawat dari Inggris hingga sampai ke kota yang dituju yaitu kota Madiun. 

 

Beberapa Cawa tersebut pun mendapat pujian dari sesama anggota dan para sesepuh SH Terate. Bahkan dalam video juga ada salah satu sesepuh SH Terate yang turut memberikan motivasi kepada anggota yang lain yang domisili dekat dengan kota Madiun.

"Mereka datang dari jauh saja tidak mengeluh, mengeluarkan biaya banyak, puluhan juta, yang dekat harus lebih semangat," ucap salah satu sesepuh.

Selain itu, ada momen yang luar biasa dari beberapa Cawa Timor Leste tersebut, mereka tidak hanya menguasai bahasa Inggris dan Indonesia saja, namun juga menguasai bahasa daerah yaitu bahasa Jawa, terbukti salah satu Cawa ada yang berbicara menggunakan bahasa Jawa halus "Enggih" yang artinya "Iya".

Editor : Joko Piroso

Follow Berita iNews Sragen di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut