get app
inews
Aa Read Next : Musim Hujan Tiba, Pemkab Sukoharjo Gelar Apel Siaga Bencana

Sosok Penting Komjen Pol Ahmad Dofiri Dibalik Sidang Kode Etik Ferdy Sambo

Jum'at, 26 Agustus 2022 | 19:45 WIB
header img
Foto: iNews.id

JAKARTA, iNewsSragen.id - Irjen Pol Ferdy Sambo dini hari, Jumat (26/8/2022) resmi telah diberhentikan secara tidak hormat dalam sidang kode etik terkait kasus pembunuhan terhadap Brigadir J.

Salah satu sosok penting yang banyak dibicarakan publik adalah Kabaintelkam Polri Komjen Pol Ahmad Dofiri. Bahkan usai memimpin sidang kode etik, nama Ahmad Dofiri langsung melambung masuk dalam jajaran Google trend hari ini. Jumat (26 Agustus 2022).

Ahmad Dofiri sendiri merupakan bagian dari timsus yang dibentuk langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk menangani kasus ini. Dofiri pula yang disebut berperan di balik kesediaan Richard Eliezer alias Bharada E membongkar apa yang sebenarnya terjadi terhadap Brigadir J pada Jumat, 8 Juli 2022 di rumah dinas Ferdy Sambo, Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Siapakah sosok Ahmad Dofiri?

Jenderal polisi Bintang Tiga, kelahiran Indramayu, Jawa Barat, 4 Juni 1967 ini, merupakan lulusan terbaik Akpol angkatan 1989.

Setelah lulus, Dofiri sudah dipercaya mengemban tugas di berbagai pos jabatan mentereng.  Dimulai dari Kanit Resintel Polsekta Tangerang pada 1990, kariernya terus menanjak menjadi Kapolres Bandung, lalu Kapoltabes Yogyakarta, dan Wakapolda DIY pada tahun 2013.

Pada 2016, Dofiri mengawali jabatan sebagai Kapolda di Banten. Tapi tak lama, di tahun yang sama Dofiri kembali ke Yogyakarta sebagai Kapolda DIY.  Tiga tahun Dofiri bertugas sebagai Kapolda DIY, Dofiri berhasil menangani sejumlah kasus yang sempat menjadi sorotan masyarakat. Salah satunya kekerasan di jalanan yang umumnya dilakukan remaja, mereka tanpa sebab dan alasan jelas melukai orang yang melintas di jalan raya.

Editor : Joko Piroso

Follow Berita iNews Sragen di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut