Logo Network
Network

Peringatan 1 Abad, SH Terate Gelar Festival Pencak Silat Seni Internasional Tahun 2022

Sugiyanto
.
Selasa, 06 September 2022 | 10:45 WIB
Peringatan 1 Abad, SH Terate Gelar Festival Pencak Silat Seni Internasional Tahun 2022
Penampilan, Perwapus Jawa Tengah I yang diwakili Cabang Sragen dengan lakon "Mutiara Gantari Satya". Yang merupakan wujud suatu zat kecil yang memancarkan sinar kesetiaan menuju masa depan yang lebih mapan. Foto: Humas SH Terate Pusat madiun

MADIUN, iNewsSragen.id - Seni atau kesenian tak lepas dari gerak pencak silat. Dalam gerakan pesilat yang mematikan terdapat unsur seni keindahan. Seperti yang tertuang dalam butir ke 4 Panca Dasar SH Terate yaitu 'SENI'. Seni merujuk pada pencak silat sebagai seni dan warisan leluhur yang mengandung filosofi kesederhanaan, kehalusan, kelembutan, dan juga kekuatan. Festival Pencak Silat Seni adalah sebuah lomba seni yang dalamnya terdapat alur cerita tertata.

Adapun unsur penilaian meliputi, Kandungan gerak pencak silat, Alur cerita, Garapan pencak silat, Tampilan pesilat utama, Garapan artistik, dan Penataan musik.

Bertempat di Pendopo Krida Satria Tama, Padepokan Agung SH Terate Madiun diselenggarakan Festival Pencak Seni SH Terate Tahun 2022 yang diikuti oleh 5 Perwakilan Pusat (Perwapus) yaitu, Daerah Khusus Pusat (DKP) Madiun, Jawa Tengah I, Jawa Timur II, Kalimantan Timur, dan Jawa Timur I. Ke 5 perwapus akan saling unjuk keindahan seni gerak pencak silat.

Kegiatan ini dihadiri Ketua Dewan Pusat SH Terate, H. Issoebiantoro, SH beserta Anggota Dewan, Ketua Umum SH Terate Drs. R Moerdjoko HW, Pengurus Pusat, Ketua Perwapus, dan semua Ketua Cabang.

Dalam sambutannya ia menyampaikan, "Bahwa pencak silat seni ini sudah dilombakan ditingkat daerah, propinsi, nasional bahkan internasional. Untuk itu kita kembangkan pencak silat seni ini agar kedepannya lebih baik".

Pada penampil pertama kontingen Perwapus DKP Madiun dengan lakon "Retno Dumilah". Yang menceritakan Bupati Madiun atau Bupati wanita pertama di Jawa.

Selanjutnya Perwapus Jawa Tengah I yang diwakili Cabang Sragen dengan lakon "Mutiara Gantari Satya". Yang merupakan wujud suatu zat kecil yang memancarkan sinar kesetiaan menuju masa depan yang lebih mapan.

Follow Berita iNews Sragen di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini