get app
inews
Aa Read Next : Lupa Hand Rem saat Parkir, Mobil Dinas Kejaksaan Grobogan Melorot dan Terjun ke Sungai

Kades Jatipecaron Grobogan Divonis 4 Tahun Penjara dan Denda Rp200 Juta, Begini Kasusnya

Kamis, 13 Oktober 2022 | 21:48 WIB
header img
Foto: Istimewa

GROBOGAN, iNewsSragen.id - Kepala Desa Jatipecaron, Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan, Subkan Eko Sayogo, divonis 4 tahun penjara, denda Rp200 juta dan subsidair pidana kurungan selama 4 bulan oleh Majelis Hakim  Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Semarang, Rabu (12/10/2022).

Putusan dibacakan Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Semarang yang dipimpin oleh Ketua Majelis Hakim Setyo Yoga Siswantoro, SH., MH. Anggota : Kandarwoko, SH., MH., Arif Noor, SH., MH.

Sidang juga dihadiri oleh Penuntut Umum dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Grobogan Iwan Nuzuardhi, SH, serta dihadiri Penasihat Hukum terdakwa Iwan Ujianto, SH.

Dalam putusannya, Majelis Hakim juga menghukum terdakwa untuk membayar uang pengganti sebesar Rp437.184.086. Dalam hal terdakwa tidak membayar uang pengganti paling lama satu bulan sesudah putusan pengadilan memperoleh kekuatan hukum tetap, maka harta bendanya dapat disita oleh Jaksa dan dilelang untuk menutupi uang pengganti.

Namun jika terpidana tidak mempunyai harta benda yang mencukupi untuk membayar uang pengganti, maka dipidana penjara selama 2 tahun, dan menghukum terdakwa membayar biaya perkara sebesar Rp5.000.

Majelis Hakim dalam amar putusannya menyatakan, bahwa terdakwa telah terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana dalam dakwaan primair Pasal 2 ayat (1) Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Jaksa Penuntut Umum Kejari Grobogan dalam sidang sebelumnya menuntut terdakwa dengan pidana 4 tahun penjara, denda Rp200 juta dan subsidair pidana kurungan selama 4 bulan dan uang pengganti sebesar Rp437.184.086.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut