get app
inews
Aa Read Next : Korban Pengeroyokan di Kartasura Tuntut Polisi Segera Tangkap Pelaku

Grebeg Penjalin Kembali Akan Digelar, Desa Trangsan Berhias Pajangan Produk Rotan

Kamis, 20 Oktober 2022 | 19:01 WIB
header img
Persiapan Grebeg Penjalin 2022, sejumlah produk kerajinan rotan dipajang menghias depan Balai Desa Trangsan. Foto: iNewsSragen.id/Nanang SN

SUKOHARJO, iNewsSragen.id - Desa Trangsan, Gatak, Sukoharjo, Jawa Tengah (Jateng), kembali akan menggelar event tahunan Grebeg Penjalin 2022. Ini kali kelima event yang melibatkan seluruh potensi kerajinan rotan (penjalin) itu digelar.

Sejumlah persiapan saat ini sudah mulai terlihat, diantaranya beberapa contoh produk berbahan rotan hasil karya perajin seperti kursi, perkakas dapur, keranjang, hingga gantungan lampu, digantung menghias jalan  depan balai desa.

"Hiasan kerajinan rotan yang dipajang di depan balai desa itu untuk persiapan grebeg yang kelima. Kami sudah berkoordinasi dengan para perajin untuk kembali menggelar grebeg," kata Kepala Desa Trangsan, Mujiman, saat ditemui Kamis (20/10/2022).

Menurutnya, event tahunan kali ke lima yang dimulai sejak 2016 ini, sempat tertunda dua tahun penyelenggaraannya lantaran situasi pandemi Covid-19 yang tengah melanda.

"Jika penyelenggaraan sebelumnya mendapat bantuan pembiayaan dari pemerintah daerah, maka untuk kali ini biaya mandiri. Pemerintah desa bekerja sama dengan para perajin dan pengusaha. Insya Allah akan lebih meriah lagi," paparnya.

Perajin dan pengusaha rotan yang akan terlibat dalam grebeg, disebutkan Mujiman, berasal dari 37 RT (Rukun Tetangga) dari Desa Trangsan. Mereka siap meramaikan acara inti yakni kirab budaya.

"Ini kirab hasil kerajinan rotan. Ada gazebo dari rotan membentuk jamur raksasa, ada yang membentuk burung Garuda, ada juga yang membuat membentuk kuda. Semua akan dikirab bersama komunitas yang lain diantaranya, ada pelajar SD dan SMP," ungkapnya.

Editor : Joko Piroso

Follow Berita iNews Sragen di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut