get app
inews
Aa Read Next : Tanggap Darurat Bencana Kebakaran, BPBD Sukoharjo Gelar Simulasi Penyelamatan

Kirab Budaya Grebeg Penjalin 2022 di Sukoharjo Tinggal Menghitung Hari, 1.500 Warga Siap Terlibat

Selasa, 25 Oktober 2022 | 16:12 WIB
header img
Ketua Panitia Grebeg Penjalin Suryanto, Kades Trangsan Mujiman, dan Kapolsek Gatak AKP Tugiyo mengecek persiapan gunungan kirab budaya Grebeg Penjalin 2022. Foto: iNews/ Nanang SN

Sebagaimana tujuan dari penyelenggaraan adalah mengangkat nama desa sebagai sentra industri kerajinan rotan, maka para peserta yang mayoritas adalah perajin rotan, akan menampilkan masing-masing hasil karyanya.

"Banyak sekali nanti yang akan dikirab. Salah satunya dari Dukuh Jamur, Trangsan, sesuai nama dukuhnya akan menampilkan hasil kerajinan rotan berupa gazebo membentuk jamur raksasa. Itu ada RT, semua akan menampilkan gazebo berbentuk jamur," paparnya.

Suryanto optimis meski dalam hal pendanaan tidak dibantu oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukoharjo, namun penyelenggaraan Grebeg Penjalin tahun ini lebih meriah dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

"Grebeg Penjalin ini untuk mengangkat nama Desa Trangsan sebagai desa penghasil kerajinan rotan. Karena rohnya desa ini yang dikenal ya dari produksi kerajinan rotannya itu. Acara besuk itu juga ada rebutan isi gunungan berupa kerajinan rotan setelah kirab, jumlahnya ada lima ," imbuhnya.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut