get app
inews
Aa Read Next : Inilah, 5 Potret Cantik Dian Sastro Gunakan Kebaya Tradisional

Saat Umat Hindu Solo Raya Gelar Hari Suci Galungan dan Kuningan, Begini Persiapannya

Rabu, 04 Januari 2023 | 19:50 WIB
header img
Semeton Hindu terdiri ibu-ibu menyiapkan prasarana persembahyangan hari raya Galungan yang digelar Parisada Hindu Kota Solo. Foto: iNews/Istimewa

SOLO,iNewsSragen.id - Umat Hindu Dharma Solo Raya mengelar Hari Suci Galungan yang bermakna memperingati kemenangan dharma (kebaikan) melawan adharma (Keburukan) yang jatuh pada, Rabu (4/1/2023).

Galungan merupakan hari raya agama Hindu yang dirayakan setiap enam bulan Bali (210 hari). Perayaan itu dilaksanakan setiap hari hari Rabu pada wuku Dungulan (wuku ke-11). 10 hari setelah perayaan Galungan, umat Hindu juga merayakan hari raya Kuningan.

Ketua Parisada Hindu Kota Solo, Ida Bagus Komang Suarnawa mengatakan, sebelum pelaksanaan hari raya Galungan, pihaknya sudah terlebih dulu melakukan persiapan sarana dan prasarana.

"Persiapan dilakukan sejak kemarin, (persiapan menyambut hari raya Galungan) disebut dengan penampahan Galungan oleh semeton (sebutan saudara untuk sesama umat Hindu-Red)," kata Ida Bagus. 

Mereka bergotong royong mempersiapkan perayaan Galungan dan Kuningan, di mana para bapak-bapak melakukan kegiatan masak-memasak dan para ibu menyiapkan prasarana persembahyangan.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut