get app
inews
Aa Read Next : Perbaiki Sumur, Seorang Pekerja Malah Tewas Terjatuh ke Sumur Sedalam 20 Meter 

Kisah Mahasiswa UNY Perjuangkan UKT hingga Berakhir Meninggal Dunia Dapat Perhatian Pemda

Sabtu, 14 Januari 2023 | 23:26 WIB
header img
Almarhumah Nur Riska Fitri Aningsih meninggal akibat hipertensi saat berjuang meminta keringanan pembayaran UKT. (foto: istimewa)

YOGYAKARTA, iNewsSragen.id- Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Kadarmanta Baskoro Aji angkat bicara soal mahasiswi UNY yang kesulitan membayar uang kuliah tunggal (UKT) dan akhirnya meninggal usai didiagnosa hipertensi akut. Aji mengimbau kepada mahasiswa di Jogja jika ada kesulitan bisa berkomunikasi dengan perguruan tinggi.

Aji menandaskan pada prinsipnya Rektor juga sudah menyampaikan jika UKT itu dari Rp500.000 sampai Rp6 juta. Sehingga jika mahasiswa tersebut betul-betul tidak mampu tentu bisa saja nanti dilakukan gratis terhadap UKT.

"Jadi saya kira kalau sampai ada mahasiswa yang seperti ini harus diantisipasi," ujarnya di kompleks Kepatihan Jumat (14/1/2023).

Menurut Aji, mahasiswa yang bersangkutan itu sebenarnya bisa berkomunikasi melalui surat, atau bisa lewat manapun atau ke langsung ke perguruan tinggi, ke orang tuanya bahkan ke pihak lain yang bisa membantu juga dapat dilakukan.

Peristiwa ini tentu sudah menjadi perhatian dari pemerintah daerah. Sehingga dengan kasus ini ia berharap tidak terulang lagi. Dia meminta kepada seluruh mahasiswa yang ada di Jogja, jika ada kesulitan seperti itu maka dikomunikasikan dengan perguruan tinggi. 

"Jangankan kok itu ya, lha wong mahasiswa asal Cianjur saja yang ada di sini kita berikan bantuan gitu kan. Nah ini saya kira jadi perhatian kita itu menjadi urusan negara," ujarnya. 

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut