get app
inews
Aa Read Next : Siap Awasi Pilkada, Bawaslu Sukoharjo Buka Rekrutmen Panwaslu Kecamatan Gunakan 2 Pola

Virus LSD Masuk Sukoharjo, Dispertan Temukan 13 Sapi Diduga Terinfeksi

Rabu, 18 Januari 2023 | 16:49 WIB
header img
Dispertan Sukoharjo bersama Polisi melakukan pemeriksaan kesehatan hewan ternak sapi. Foto: iNews/Istimewa

SUKOHARJO,iNewsSragen.id - Wabah Lumpy Skin Disease (LSD) atau penyakit kulit infeksius yang disebabkan oleh Lumpy Skin Disease Virus (LSDV), merupakan virus bermateri genetik DNA dari genus Capripoxvirus dan famili Poxviridae mulai masuk Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Virus yang pada umumnya menyerang hewan ternak sapi dan kerbau itu, terdeteksi oleh Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan) Sukoharjo menyerang sejumlah sapi di Kota Makmur.

Kepala Dispertan Sukoharjo, Bagas Windaryatno, menyampaikan, hingga saat ini pihaknya telah menemukan 13 ekor hewan ternak sapi yang bergejala terkena virus LSD.

"Dari 13 ternak itu, sudah kami lakukan penanganan berupa pengobatan sekaligus ada beberapa harus dipotong paksa (disembelih-Red). Yang dipotong ada tiga ekor untuk antisipasi memutus rantai penyebaran virus agar tidak meluas," kata Bagas di kantornya, pada Rabu (18/1/2023).

Terhadap tiga ekor sapi yang dipotong itu, pada bagian kulitnya dimusnahkan. Termasuk pada organ dalam yakni jeroan, jika kondisinya masih baik maka aman dikonsumsi dengan catatan harus dimasak secara sempurna.

Editor : Joko Piroso

Follow Berita iNews Sragen di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut