get app
inews
Aa Read Next : KPU Sukoharjo Gelar Tes CAT Seleksi Calon PPK, 30 Peserta Diketahui Tidak Hadir

Virus LSD Masuk Sukoharjo, Dispertan Temukan 13 Sapi Diduga Terinfeksi

Rabu, 18 Januari 2023 | 16:49 WIB
header img
Dispertan Sukoharjo bersama Polisi melakukan pemeriksaan kesehatan hewan ternak sapi. Foto: iNews/Istimewa

Atas temuan virus LSD di Kota Makmur tersebut, Balai Besar Veteriner (BBVet) Yogyakarta juga telah berkunjung untuk memastikan dan mengetahui cara penanganan yang dilakukan oleh Dispertan Sukoharjo.

"Kemarin (Selasa-Red) kami mendapat kunjungan dari BBVet Yogyakarta, untuk meneguhkan diagnosa virus LSD terhadap 13 sapi itu. Sudah kami lakukan dengan uji laboratorium namun hasilnya masih harus menunggu," ungkap Bagas.

Selanjutnya, Bagas menjelaskan langkah pencegahan dan antisipasi yang telah dilakukan, diantaranya melakukan koordinasi dengan seluruh jajaran bidang peternakan, seluruh dokter hewan, dan penyuluh peternakan agar melakukan sosialisasi kepada peternak.

"Materi sosialisasi tentang gejala-gejala LSD dan bagaimana penanganannya. Dalam kasus ini, kami fokus untuk memutus vektor atau penyebab virus LSD yaitu, nyamuk dan lalat. Kami sarankan kepada para peternak untuk melakukan penyemprotan terhadap vektor penyebab virus LSD itu," ujarnya.

Tak hanya itu, menurut Bagas, pihaknya juga sudah membentuk tim penanganan wabah LSD. Tim bentukan Dispertan ini semula juga menangani wabah PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) beberapa waktu lalu.

"Tim ini bergerak melakukan edukasi, pengawasan lalu lintas hewan ternak, pengawasan di rumah potong hewan (RPH) maupun di pasar ternak. Kami menugaskan dokter hewan untuk rutin melakukan pengawasan di pasar hewan," ungkapnya.

Editor : Joko Piroso

Follow Berita iNews Sragen di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut