get app
inews
Aa Read Next : Tingkatkan Kualitas Pelayanan, Bupati Sragen Resmikan Dua Gedung Kelurahan

Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia FIFA U-20, Menteri PUPR Ungkap Anggaran Revitalisasi Stadion

Jum'at, 31 Maret 2023 | 17:21 WIB
header img
Stadion Manahan Solo, salah satu venue yang dipersiapkan sebagai tempat pertandingan Piala Dunia U-20 2023 (FOTO: Diskominfo Pemkot Surakarta)

JAKARTA, iNewsSragen.id - Indonesia telah lama bersiap menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA U-20 tahun 2023. Seiring semangat perbaikan sepak bola di tanah air, pemerintah telah menggelontorkan anggaran yang jumlahnya sangat besar menyongsong hajat besar itu.

Namun semangat tinggi dan modal besar yang telah dikeluarkan tersebut, harus pupus kandas mendekati hari-hari penyelenggaraan. FIFA secara resmi menghapus Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Setelah pembatalan itu, banyak masyarakat yang kecewa dan penasaran serta menyayangkan bahwa anggaran besar yang telah digunakan itu menjadi sia-sia belaka. Lalu berapa dana yang telah digunakan untuk persiapan Piala Dunia U-20 itu, berikut informasi yang berhasil dihimpun:  

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada 2020 mengatakan bahwa proyek renovasi stadion untuk Piala Dunia U-20 membutuhkan dana sekitar Rp400 miliar dengan skema dalam kontrak tahun jamak (MYC), jadi pengalokasiannya dilakukan pada tahun 2020 dan 2021.

Sedangkan untuk 2023 ini, Kementerian PUPR telah mengucurkan dana sebesar Rp175 miliar yang digunakan untuk revitalisasi stadion-stadion yang akan dipakai dalam Piala Dunia U-20 2023.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, Rp175 miliar tersebut digunakan untuk merevitalisasi lima stadion di Palembang, Bandung, Solo, Bali, dan Surabaya, yang akan dipakai untuk pertandingan.

"Terus yang 20 (perbaikan lapangan penunjang) untuk latihan (tim dari negara peserta Piala Dunia U-20). Ada di Palembang, Bandung, Solo, Bali, dan Surabaya," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dilansir dari Antara, Kamis (30/03/2023). 

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut