get app
inews
Aa Read Next : Tim Dosen STTW Surakarta Serahkan Bantuan ATS Untuk Masjid di Mojosongo, Ini Manfaatnya

Perkembangan bahasa sarkasme terhadap perilaku barbahasa masyarakat

Senin, 05 Juni 2023 | 08:52 WIB
header img
Fathiyatul Munawaroh. Prodi : Tadris Bahasa Indonesia, UIN Raden Mas Said Surakarta.Foto:Istimewa

Seperti mahasiswa zaman sekarang sering menggunakan bahasa sarkasme saat berbicara kepada teman temanya mereka asal berbicara tanpa memikirkan perasaan orang lain sehingga secara tidak sengaja hal tersebut menyakiti hati oranglain apalagi ketika mahasiwa tersebut berbicara kepada dosenya sangking sudah akrabnya mereka menjadi hilang rasa sungkan dan sopan snatunya, hal tersebut secara perlahan menghancurkan kaidah Bahasa Indonesia.

Menjadi mahasiswa yang baik kita seharusnya saat berbicara menggunakan bahasa yang sopan, membiasakan diri dengan sapaan, intonasi yang cermat, menghindari kosakata yang kasar dan menggunakan kata-kata seperti maaf, permisi, dan terima kasih. serta kita harus menghindari kata kata yang mengandung sarkasme terhadap teman kita, dosen kita ataupun masyarakat lain.

Hal tersebut juga dapat menguntungkan kita menjadi lebih di pandang positif vibes dan mahasiswa berattitude. Kita harus pandai pandai menggunakan bahasa sarkasme dengan bijak.agar tidak menyakiti hati orang lain apalagi ketika kita berbicara kepada dosen kita harus menggunakan etika dan menghindari bahasa sarkasme dengan baik. Bahasa sarkasme yang digunakan secara berlebihan atau tanpa memperhatikan etika dapat merusak hubungan dan menciptakan permusuhann, apalagi dapat menurunkan value kita.

Maka dari itu kita harus ada kesadaran akan kekuatannya dan penggunaannya yang tepat akan memastikan bahwa sarkasme tetap menjadi sumber hiburan, pemikiran kritis dan kecerdasan dalam komunikasi kita sehari-hari. Jadi, ayo mari kita menjaga keseimbangan antara bahasa sarkasme dan rasa empati terhadap orang lain.

Artikel ini ditulis oleh Fathiyatul Munawaroh. Prodi : Tadris Bahasa Indonesia, UIN Raden Mas Said Surakarta.

Editor : Joko Piroso

Follow Berita iNews Sragen di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut