get app
inews
Aa Read Next : Gempar, Warga Desa Siwal Baki Temukan Mayat Pria Tanpa Identitas di Selokan

Cuaca Panas, Warga Antusias Saksikan Kirab Budaya Hari Jadi Kartasura ke-343

Minggu, 10 September 2023 | 16:52 WIB
header img
Kirab budaya hari jadi Kartasura ke-343, sejumlah warga menyaksikan sambil membawa payung untuk berteduh dari paparan cuaca panas.Foto:/Nanang SN

Bupati Sukoharjo Etik Suryani, membuka kirab budaya hari jadi Kartasura ke-343.Foto:iNews/ Nanang SN

Dengan slogan 'Kartasura Kompak', Bupati juga menyatakan bahwa pelaksanaan kirab juga tidak lepas dari andil semua pihak, baik pemerintah, swasta, stakeholder terkait serta yang tak kalah penting adalah peran serta tokoh dan masyarakat sendiri.

"Kirab dan pentas seni budaya ini harus kita dukung bersama, karena kegiatan ini memiliki arti yang sangat luar biasa. Selain sebagai sarana menampilkan seni dan budaya, juga sebagai sarana memupuk rasa persatuan dan kesatuan diantara elemen masyarakat yang ada. Dan tentunya juga sebagai hiburan," ucap Etik.

Kepada Camat Kartasura, Bupati meminta agar kegiatan kirab budaya hari jadi Kartasura bisa diselenggarakan setiap tahun dengan peningkatan kemeriahan serta kemasan diusahakan makin menarik.

"Mudah-mudahan kedepan dari tiap desa bisa ikut memeriahkan dengan menampilkan masing-masing potensinya. Setidaknya dengan kegiatan ini bisa menggerakkan dan mengangkat ekonomi Kartasura," imbuh Etik.

Jalannya kirab budaya yang diikuti sekira 2.000 peserta itu, diawali barisan prajurit keraton disusul barisan kelompok masyarakat, pelajar, dan perguruan tinggi.  Mereka menampilkan atraksi seni tari, marching band dan seni lainnya. Ada juga yang membawa dua gunungan tahu untuk selanjutnya diperebutkan oleh masyarakat.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut