get app
inews
Aa Read Next : Viral Video Mesum Siswi SMP dan Siswa SMA di Demak, Nomor 3 Bikin Heboh

Kata Stalking Viral di Medsos, Ini Arti dan Dampak Negatifnya?

Selasa, 19 September 2023 | 16:29 WIB
header img
Ilustrasi stalking. Foto: Istimewa

Penggunaan "stalking" di media sosial mungkin sudah menjadi hal yang umum dilakukan saat ini, bahkan mungkin sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian orang.

Namun perlu diingat, "stalking" sebenarnya juga merupakan tindakan yang serius dan lebih dari sekedar mencari informasi diam-diam di media sosial.

Ini termasuk dalam tindakan berbahaya yang dapat menimbulkan kerugian bagi korban. Tidak jarang perilaku stalker ini mengganggu para korbannya, bahkan sudah banyak yang menjadi korban "stalking."

Beberapa stalker memiliki beragam alasan yang mendorong mereka melakukan "stalking," mulai dari perasaan suka hingga niat untuk balas dendam. Bahkan, mereka bisa melakukan tindakan ilegal seperti pencurian, penculikan, atau hal-hal ekstrim lainnya.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, penting untuk mengenali ciri-ciri seorang stalker, seperti yang dijelaskan di bawah ini:

1. Stalker Mengikuti Teman-Teman Kamu

Stalker tidak hanya memantau aktivitas media sosialmu, tetapi juga mencoba berkomunikasi dengan teman-temanmu. Stalker akan mengikuti semua teman yang sering kamu posting di media sosial.

2. Suka Menyukai Postingan Kamu

Kamu harus waspada jika ada seseorang yang tiba-tiba menyukai semua foto kamu dan mengamati semua aktivitasmu di media sosial. Kemungkinan besar dia adalah seorang stalker.

3. Mengetahui Rincian Keseharian Kamu

Jika kamu beberapa kali bertemu dengan seseorang yang tidak kamu kenal dan dia tahu tentang kamu lebih dari yang seharusnya, kamu harus berhati-hati. Ini bisa menjadi tanda bahwa dia adalah seorang stalker.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut