get app
inews
Aa Read Next : Ramadhan Kareem, PSHT KOBARET Solo Raya Ajak Bukber Warga Binaan Rutan Kelas 1A Surakarta

OPINI: Pentingnya Pendidikan Seni dalam Pengembangan Kognitif, Afektif dan Psikomotor

Minggu, 08 Oktober 2023 | 18:24 WIB
header img
Pendidikan seni mempunyai perananan penting dalam pengembangan kognitif, Afektif dan psikomotor. (Foto: Kolase/iNews)

SRAGEN, iNewsSragen.id - Seni bukan hanya banyak memberikan sumbangan bagi pengembangan intelegensi manusia, tetapi juga memberikan cara untuk mencapai perbedaan besar pada manusia di setiap sekolah.

Akan lebih mudah untuk mencapai prestasi pendidikan yang signifikan, jika setiap orang belajar dengan cara yang sama, tetapi bukan dengan apa yang dikerjakannya. Di semua sekolah sekarang terdapat perbedaan latar belakang kultural, sosial, dan ekonomi, yang makin besar pada peserta didik menghasilkan cara-cara berpikir, belajar, dan bertindak berbeda-beda juga (Retnowati dan Prihadi, 2010).

Pendidikan seni merupakan bagian penting dari pendidikan yang sering diabaikan dalam kurikulum sekolah. Pendidikan seni merupakan kegiatan untuk meningkatkan perkembangan anak. Anak dapat diberikan kebebasan untuk berekspresi dan mengekplorasi untuk memperkuat hal-hal yang sudah diketahui dan menemukan hal-hal baru, anak-anak juga dapat mengembangkan semua potensinya secara maksimal, baik potensi fisik, emosional, dan spiritual.

Oleh karena itu, pendidikan seni bagi anak merupakan sarana perkembangan untuk menuju ke beberapa aspek. Namun perlu diingat bahwa seni bukan hanya tentang menggambar, melukis, atau menyanyi. Seni juga mencakup berbagai bentuk ekspresi seperti musik, tari, drama dan banyak lagi. 

Editor : Sugiyanto

Follow Berita iNews Sragen di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut