get app
inews
Aa Read Next : Program BIPA UMS, Guru Kesenian Australia Takjub Diajak Belajar Gamelan Jawa

OPINI: Mengamati Bilik Seni Budaya dalam Pertunjukan Ketoprak di Jawa Tengah

Jum'at, 10 November 2023 | 21:43 WIB
header img
Mengamati bilik seni budaya dalam pertunjukan ketoprak di Jawa Tengah. (Foto: Kolase)

SEMARANG, iNewsSragen.id - OPINI: Seni adalah ekspresi jiwa. Seni memiliki banyak cabang seperti seni teater, drama, musik, dan rupa. Dari berbagai cabang tersebut, seni memiliki fungsi tersendiri.

Setiap seni yang ada terbentuk sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Contohnya pada salah satu kesenian jawa yaitu Ketoprak. Ketoprak merupakan warisan budaya leluhur. Ketoprak memiliki ciri khas yaitu terdapat seni musik, seni drama, dan seni rupa yang terlibat di dalamnya.

Ciri-ciri tersebut telah menjadi pelengkap dari keindahan kesenian ketoprak itu sendiri. Kesenian ketoprak adalah warisan budaya leluhur yang wajib disyukuri. Banyaknya peredaran budaya asing seiring perkembangan teknologi lama-lama mengikis kebudayaan asli Indonesia. Kurangnya minat anak muda Indonesia terhadap kebudayaan sendiri akan menjadi boomerang bagi bangsa Indonesia sendiri. Selayaknya, sebagai warga Indonesia yang kaya akan budaya harus melestarikan kebudayaan sendiri.

Ketropak mulanya dikenal di daerah Jawa, tepatnya di Surakarta. Ketoprak sendiri awalnya diciptakan sebagai sebuah seni pelepas dahaga masyarakat setelah bekerja. Isi kesenian dalam ketoprak yang meliputi seni musik dan drama juga dilakukan secara spontanitas. Tetapi, kreativitas seni memang tidak memiliki batasan ruang. Masyarakat semakin ciamik dalam mengembangkan seni ketoprak.

Kesenian ketoprak sendiri berkembang pesat di Yogyakarta pada 1950. Hingga pada masa-masa berikutnya, kesenian ketoprak mulai dikenal masyarakat Jawa. Kesenian ketoprak yang paling melekat adalah pada isi dialognya yang kebanyakan menggunakan  bahasa Keraton maupun bahasa Jawa kuno. 

Editor : Sugiyanto

Follow Berita iNews Sragen di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut