get app
inews
Aa Read Next : Timnas Indonesia U-17 Vs Panama U-17, Arkhan Kaka: Semoga Jadi Tangis Bahagia Masyarakat Indonesia

OPINI: Peringatan Hari Batik Nasional sebagai Upaya Menghargai Keragaman Seni dan Budaya Bangsa

Kamis, 12 Oktober 2023 | 18:27 WIB
header img
Peringatan hari batik nasional merupakan wujud upaya menghargai keragaman seni dan budaya bangsa. (Foto: Kolase/iNews).

SEMARANG, iNewsSragen.id - Batik adalah hasil karya anak bangsa yang merupakan perpaduan antara seni dan teknologi oleh leluhur bangsa Indonesia. Batik menjadi salah satu warisan budaya Indonesia yang kaya akan makna dan keindahan.

Corak ragam batik mengandung filosofi yang mencerminkan nilai-nilai budaya dan kearifan lokal akan terus digali dari berbagai adat istiadat maupun budaya yang berkembang di masyarakat. Indonesia memiliki beragam motif batik yang terkait dengan budaya setempat.

Beberapa faktor yang mempengaruhi lahirnya motif-motif batik antara lain adalah letak geografis, misalnya di daerah pesisir akan menghasilkan batik dengan motif yang berhubungan dengan laut, begitu pula dengan yang tinggal di pegunungan akan terinspirasi oleh alam sekitarnya; sifat dan tata penghidupan daerah; kepercayaan dan adat di suatu daerah; serta keadaan alam sekitar termasuk flora dan fauna.

Batik sebagai bagian dari budaya Indonesia yang diwariskan oleh nenek moyang Bangsa Indonesia sejak zaman dahulu merupakan suatu kerajinan dengan nilai seni yang tinggi.

Pada mulanya, budaya membatik merupakan suatu adat istiadat yang turun temurun yang dibuat secara tradisional oleh kebanyakan perempuan Jawa pada masa itu. Sejak industrialisasi dan globalisasi, muncul inovasi pada batik yaitu batik cap atau batik cetak. 

Editor : Sugiyanto

Follow Berita iNews Sragen di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut