get app
inews
Aa Read Next : Kecelakaan Maut di Ciater Subang Tewaskan 11 Orang  SMK Lingga Kencana, Begini Pengakuan Sopir Bus

Kecelakaan Tragis Bus Pariwisata di Indonesia, di Subang Paling Parah

Minggu, 12 Mei 2024 | 22:13 WIB
header img
Kecelakaan tragis rombongan SMK Lingga Kencana Depok di Subang.FotoiNews/Istimewa

SUBANG, iNewsSragen.idData kecelakaan bus pariwisata di Indonesia bertambah dengan kejadian tragis kecelakaan bus pariwisata yang memuat rombongan SMK Lingga Kencana Depok, Sabtu (11/5/2024) pukul 18.45 WIB.

Dalam kecelakaan itu, data sementara korban tewas berjumlah 11 orang dengan puluhan korban luka berat masih dirawat di rumah sakit, Minggu (12/5/2024).

Kecelakaan bus pariwisata di Indonesia seakan jadi peristiwa pilu karena dampak pada korban jiwa yang berjatuhan.

Data diperoleh iNewsManado.com, kecelakaan bus pariwisata di Indonesia setiap tahun terjadi. Penyebabnya pun dominan karena rem blong dan kondisi bus pariwisata yang tidak memenuhi syarat.

Dari sejumlah kecelakaan bus pariwisata di Indonesia, kejadian terbaru pada kecelakaan bus di Subang menjadi kejadian terparah.

Data kecelakaan bus pariwisata di Indonesia mengungkap sejumlah peristiwa tragis yang telah terjadi selama beberapa tahun terakhir. Berikut adalah rangkumannya:

7 Desember 2019: Bus pariwisata terguling dan masuk sungai di Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Lima orang tewas dalam kecelakaan ini.

4 Desember 2022: Kecelakaan bus pariwisata di Magetan, Jawa Timur, di mana bus terjun bebas ke jurang sedalam 15 meter, menewaskan tujuh penumpang.

27 Januari 2023: Bus pariwisata bertabrakan dengan truk tronton di ruas jalur pantura Deandles, Desa Kemangi, Kecamatan Bunga, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Empat orang tewas dan 15 lainnya luka-luka.

7 Mei 2023: Bus pariwisata meluncur masuk ke jurang saat mengangkut peziarah dari Tangerang Selatan, Banten. Dua penumpang tewas dan puluhan lainnya luka.

5 Juni 2023: Kecelakaan bus pariwisata di Ciater, Subang, Jawa Barat. Semua penumpang selamat, namun sopir, kernet, dan dua penumpang mengalami luka ringan. Diduga bus mengalami rem blong dan sopir tidak mengenal medan.

20 Agustus 2023: Kecelakaan bus pariwisata dengan sepeda motor di Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta, menewaskan seorang pengendara sepeda motor berusia sekitar 19 tahun.

2 Desember 2023: Bus pariwisata yang membawa rombongan siswa SMKN Ngasem Bojonegoro menabrak truk di Jalan Gempol-Pasuruan, Kecamatan Pasuruan, Jawa Timur. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

6 Februari 2024: Kecelakaan bus pariwisata di kawasan Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menewaskan 13 penumpang dan melukai 47 lainnya.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut