get app
inews
Aa Read Next : Perselisihan Antar Komunitas: Pemuda di Sragen Dikeroyok, Dituduh Mata-Mata Perguruan Silat

Wali Murid SMPN 1 Kedawung Sragen Diminta Membuat Surat Pernyataan Sumbangan Sukarela, Pungli?

Kamis, 12 Oktober 2023 | 14:53 WIB
header img
Wali murid SMP Negeri 1 Kedawung Sragen diminta membuat surat pernyataan jika memberikan sumbangan sukarela ke pihak sekolah. (Foto: iNews/Sugiyanto)

Sragen, iNewsSragen.id - Dunia pendidikan di Kabupaten Sragen kembali disorot lantaran adanya form surat pernyataan sumbangan sukarela wali murid.

Hal itu terjadi di lingkungan pendidikan SMP Negeri 1 Kedawung Sragen, orang tua wali murid yang akan memberikan sumbangan diminta mengisi surat pernyataan.

Salah satu orang tua wali murid yang enggan disebut identitasnya mengatakan bahwa surat semacam itu ada yang sudah kesekian kalinya.

"Ini bukan yang pertama kali, tahun sebelumnya juga seperti ini. Yang lalu katanya untuk sumbangan pengadaan pembelian proyektor," ucapnya. Kamis (12/10/2023).

"Kalau tahun ini katanya bantuan untuk pembangunan pagar sekolah, kemarin hari Sabtu wali murid dikumpulkan di sekolah," imbuhnya.

Saat dikonfirmasi, Kepala SMP Negeri 1 Kedawung Sumarno mengungkapkan, bahwa terkait adanya sumbangan sukarela tersebut pihak sekolah tidak bersifat memaksa, orang tua wali murid boleh memberi dan boleh tidak. Untuk perihal adanya surat pernyataan orang tua wali murid, hal tersebut hanya untuk mempermudah dalam menghitungnya.

"Jadi yang mau menyumbang silahkan, yang tidak juga tidak apa-apa. Dan sumbangan itu pun juga tidak harus menyumbang uang, misalnya punya barang apapun tidak masalah," paparnya. 

Form surat pernyataan sumbangan sukarela wali murid kepada pihak sekolah SMP Negeri 1 Kedawung, Sragen. (Foto: iNews/ Sugiyanto).
 

"Surat pernyataan itu pun tidak diisi juga tidak masalah, cuma itu untuk memudahkan mau menyumbangkan besarannya berapa itu biar komite ikut mengetahui," pungkasnya. 

Editor : Sugiyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut