get app
inews
Aa Read Next : Universitas Sragen (UNISSRA) Resmi Dibuka, Inilah Beragam Program Unggulannya!

Karnaval Budaya di Sangiran Sragen, Menampilkan kearifan Lokal dan Potensi Desa

Sabtu, 04 November 2023 | 23:23 WIB
header img
Karnaval budaya yang diadakan di kawasan Sangiran, Kalijambe, Sragen, Sabtu (4/11/2023).Foto:iNews/Joko P

Salah satu peserta dari Desa Wirosari, Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, bernama Sukimin Adi Susilo, merasa senang dan bangga bisa berpartisipasi dalam karnaval ini. Ia berharap bahwa acara semacam ini dapat membantu meningkatkan ekonomi masyarakat di daerah tersebut.

Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Irini Dewi Wanti, menjelaskan bahwa tujuan dari karnaval ini adalah untuk mengangkat potensi yang dimiliki oleh desa-desa di kawasan Sangiran. Ia berharap acara ini dapat mendorong kreativitas warga dan menguatkan ekosistem kebudayaan di wilayah tersebut. Kebudayaan di sini tidak hanya terbatas pada seni, tetapi juga mencakup berbagai aspek dalam lingkungan masyarakat, seperti kreasi seni dari jerami, bambu, dan lainnya.

Ia juga menekankan bahwa karnaval ini merupakan salah satu upaya untuk mendukung Museum dan Cagar Budaya (MCB) Sangiran agar dikenal di tingkat nasional dan internasional. Irini berpendapat bahwa ini harus dimulai dari langkah-langkah kecil dan melibatkan partisipasi masyarakat, bukan hanya tanggung jawab pemerintah kabupaten.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut