get app
inews
Aa Read Next : 20 chef dari 20 Azana Hotel Group Ikuti Lomba Memasak di Front One Hotel Sragen

Wow! Ada 117 Situs dan Mitos di Kecamatan Mondokan Sragen, Salah Satunya Termasuk Punden Pucanganom

Selasa, 21 November 2023 | 17:38 WIB
header img
Kantor Kecamatan Mondokan, Kabupaten Sragen. (Foto: FB Kecamatan Mondokan/Istimewa)

SRAGEN, iNewsSragen.id - Punden Pucanganom baru-baru ini menjadi viral dan menyita perhatian masyarakat luas karena adanya penebangan pohon keramat secara sepihak diduga dilakukan oleh pihak pembuka usaha kandang ayam.

Menurut sejarah yang diyakini masyarakat secara turun temurun, Punden Pucanganom yang berada di Kebayanan Guli, Desa Gemantar ternyata berasal dari 2 orang Pangeran yang muksa atau hilang jasadnya saat bertapa di tempat tersebut. 

Sebagai tanda peninggalannya terdapatlah 2 makam yang saling berdampingan, yang dikenal oleh masyarakat dengan nama Pangeran Ranukusumo dan Pangeran Brojokusumo

Atas nilai sejarah tersebut, Punden Pucanganom masuk dalam daftar kategori sebagai situs dan mitos kekayaan desa di wilayah Kecamatan Mondokan, karena hingga kini keberlangsungan kegiatan kebudayaan Jawa masih diuri-uri oleh masyarakat. 

Namun, bukan hanya Punden Pucanganom saja, di Kecamatan Mondokan ternyata masih menyimpan banyak situs dan mitos peninggalan para leluhur. Tercatat, dari 9 wilayah Desa ada 117 situs dan mitos, dan itu semua terdaftar sebagai bukti kekayaan desa secara sah. 

117 daftar nama situs dan mitos yang ada di Kecamatan Mondokan, Kabupaten Sragen. Meliputi 9 Desa, 38 Kebayanan, 103 Padukuhan dan 250 RT. (Foto: iNews/Sugiyanto). 

Editor : Sugiyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut