get app
inews
Aa Read Next : Diduga Dikorupsi, Belum 1 Tahun Bangunan SDN 2 Sumurgede Grobogan Rusak Kejaksaan Periksa 18 Saksi

Tanggul Sepanjang 200 meter Longsor, Ancam Ribuan Rumah dan Ratusan Hektar Sawah

Minggu, 17 Desember 2023 | 10:03 WIB
header img
Tanggul penahan aliran Sungai Cabean di perbatasan Demak dan Grobogan, Jawa Tengah, kembali longsor.Foto:iNews TV/Rustaman Nusantara

GROBOGAN, iNewsSragen.id - Tanggul penahan aliran Sungai Cabean di perbatasan Demak dan Grobogan, Jawa Tengah, kembali longsor setelah dua bulan pasca perbaikan oleh Balai Besar Wilayah Sungai atau BBWS Jawa Tengah.

Kejadian ini menimbulkan kekhawatiran bagi para petani, karena ratusan hektar lahan sawah di kedua kabupaten tersebut terancam terendam banjir jika banjir tiba-tiba datang.

Tanggul penahan luapan Sungai Cabean tersebut longsor sepanjang dua ratus meter, disebabkan oleh terjangan aliran sungai yang meluap. Meskipun banjir sempat merendam ratusan hektar lahan sawah di kedua kabupaten tersebut, beruntungnya air cepat surut sehingga tidak merusak seluruh tanaman yang baru saja selesai ditanam.

Namun, petani menjadi cemas dan khawatir jika hujan deras kembali turun, luapan Sungai Cabean dapat kembali merendam lahan sawah dan rumah penduduk.

Beberapa desa, seperti Desa Tajemsari, Kecamatan Tegowanu, Grobogan, Jawa Tengah, mengalami dampak terbesar dari luapan Sungai Cabean. Beberapa tanaman jagung yang sudah berusia beberapa minggu dan yang baru saja selesai ditanam rusak akibat rendaman Sungai Cabean beberapa hari sebelumnya.

Editor : Joko Piroso

Follow Berita iNews Sragen di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut