get app
inews
Aa Read Next : Lupa Hand Rem saat Parkir, Mobil Dinas Kejaksaan Grobogan Melorot dan Terjun ke Sungai

Tanggul Sepanjang 200 meter Longsor, Ancam Ribuan Rumah dan Ratusan Hektar Sawah

Minggu, 17 Desember 2023 | 10:03 WIB
header img
Tanggul penahan aliran Sungai Cabean di perbatasan Demak dan Grobogan, Jawa Tengah, kembali longsor.Foto:iNews TV/Rustaman Nusantara

Petani di Desa Tajemsari terpaksa mengurungkan niatnya untuk menanam bibit jagung baru karena kondisi tanggul yang sudah kritis dan sangat mengkhawatirkan.

Winarso, Sekretaris Desa Tajemsari, mengaku sudah memberitahukan kejadian ini ke Balai Besar Wilayah Sungai Jawa Tengah untuk ditindaklanjuti, namun belum ada respons hingga kondisi tanggul semakin kritis.

Pembangunan tanggul darurat dua bulan sebelumnya yang hanya menggunakan bahan penahan air dengan saq dan bambu tidak mampu menanggulangi derasnya aliran Sungai Cabean, sehingga tanggul sepanjang dua ratus meter ini longsor dan menyisakan batas tanggul dengan sawah selebar lima puluh meter.

Tanggul Sungai Cabean ini sudah mengalami longsor dan jebol sebanyak dua kali, dan untuk kali ini kondisi tanggul darurat sudah longsor dan sebagian hanyut terbawa arus. Saat ini, petani memilih untuk tidak menanami lahan sawah mereka hingga kondisi tanggul diperbaiki secara permanen.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut