get app
inews
Aa Read Next : Tim Dosen STTW Surakarta Serahkan Bantuan ATS Untuk Masjid di Mojosongo, Ini Manfaatnya

UIN RM Said Gelar Seminar Kebangsaan, Hadirkan Dandim dan Wabup Sukoharjo

Kamis, 21 Maret 2024 | 21:00 WIB
header img
Deklarasi kebangsaan penguatan moderasi beragama di kampus UIN RM Said Surakarta.Foto:iNews/ Nanang SN

SUKOHARJO,iNewsSragen.id - Seminar kebangsaan bertajuk 'Penguatan Moderasi Beragama' digelar Universitas Islam Negeri Raden Mas (UIN RM) Said Surakarta, Kamis (21/3/2024) sore. Seminar bertujuan sebagai bentuk dukungan kampus dalam memperkuat toleransi, persatuan, dan kesatuan masyarakat lintas organisasi, suku, dan agama.

Menggandeng Pondok Pesantren (Ponpes) Al Muayyad Windan, seminar menghadirkan narasumber Wakil Bupati Sukoharjo Agus Santosa, Dandim 0726/ Sukoharjo Letkol Czi Slamet Riyadi, Ketua MUI Sukoharjo Abdullah Faishol, Kepala Kemenag Sukoharjo Muh Mu'alim, dan Rektor UIN RM Said Prof Dr Toto Suharto.

Dengan moderator Nur Sodik dari Ponpes Al Muayyad, Rektor UIN RM Said mengawali dengan menyampaikan materi bahwa moderasi beragama merupakan salah satu upaya meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya sikap toleransi dalam konteks keberagaman agama.

"Moderasi beragama merupakan cara pandang dan sikap keberagamaan yang senantiasa mengedepankan keseimbangan dan toleransi dalam beragama, serta menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan," kata Rektor.

Disisi lain, saat ditemui usai acara yang ditutup dengan buka puasa bersama, Rektor mengatakan, seminar kebangsaan kali ini merupakan usaha penting dalam rangka penguatan moderasi beragama antara pesantren dengan perguruan tinggi, antara mahasiswa dengan santri.

"Itu harus kolaborasi untuk saling menguatkan moderasi beragama di Indonesia. Seperti tadi di katakan oleh pak Dandim bahwa Sukoharjo ini menjadi sumber setiap ada peristiwa penangkapan teroris. Makanya pesantren dengan kampus harus berkolaborasi," sebut Toto.

Editor : Joko Piroso

Follow Berita iNews Sragen di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut