get app
inews
Aa Read Next : Apresiasi Agen Tertinggi Transaksi, AmarthaOne Bedah Warung Milik Warga Solo

Jajanan Berpotensi Sebabkan Keracunan, BPOM Solo Ajak Sekolah Peduli Keamanan Pangan

Rabu, 24 April 2024 | 17:46 WIB
header img
BPOM Kota Solo menggelar sosialisasi dan edukasi keamanan pangan dengan mengundang perwakilan 36 sekolah.Foto:iNews/ Istimewa

SOLO,iNewsSragen.id - Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kota Solo menggelar edukasi dan sosialisasi tentang keamanan pangan, utamanya jajanan siap saji kepada perwakilan siswa dan guru bertempat di Aston Hotel, Solo, pada Rabu (23/4/2024).

Mengutip data BPOM Tahun 2018, menunjukkan 10 hingga 22 juta kasus diare di Indonesia disebabkan pangan tercemar. Dan jajanan pangan siap saji disebutkan menjadi penyebab kedua KLB tertinggi keracunan pangan sebanyak 34%.

"Diketahui jajanan pangan siap saji banyak terdapat di lingkungan sekolah dengan sasaran para siswa. Ironisnya tidak semua jajanan tersebut terpantau secara aman dan sehat. Maka sekolah menjadi sasaran sosialisasi keamanan pangan," kata Kepala Balai POM Surakarta, Mohammad Fajar Arifin.

Ia menyampaikan, sosialisasi keamanan pangan ini merupakan rangkaian program intervensi keamanan pangan jajanan anak usia sekolah (PJAS) yang termasuk dalam Program Prioritas Nasional Keterpaduan Keamanan Pangan.

"Sosialisasi ini diharapkan komunitas sekolah yang terdiri dari kepala sekolah, guru, komite sekolah, siswa, dan pedagang PJAS mendapatkan informasi tentang keamanan yang valid, sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang keamanan pangan," terangnya.

Editor : Joko Piroso

Follow Berita iNews Sragen di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut