get app
inews
Aa Read Next : Seorang Wanita Ditemukan Tewas dengan Tangan dan Kaki Terikat, Mulut Ditutup Lakban

Ratusan Warga Grobogan Berdesakan Rebutan Gunungan di Tradisi Apitan Desa Sumber Jatipohon

Minggu, 09 Juni 2024 | 15:35 WIB
header img
Ratusan warga Desa Sumber Jatipohon di Grobogan, saling berdesakan dan berebut lima belas gunungan dalam perayaan tahunan tradisi Apitan.Foto:iNews/Rustaman Nusantara

Sementara itu, Apriani, yang berhasil membawa pulang berbagai macam hasil bumi, percaya bahwa ini akan membawa berkah kesehatan dan rejeki bagi keluarganya.

Sebelum dimulai perebutan gunungan, kelima belas gunungan tersebut diarak dari masing-masing dusun menuju objek wisata Sumber Jatipohon. Tradisi Apitan ini sudah berlangsung sejak zaman nenek moyang dan warga percaya bahwa tradisi ini harus dijalankan untuk menghindari bencana dan mendapatkan berkah dari hasil bumi.

Kepala Desa Sumber Jatipohon, Eni Endarwati, menjelaskan bahwa desa mereka selalu diberkahi hasil bumi yang melimpah dan tidak pernah kekurangan air meskipun musim kemarau panjang.

Tradisi Apitan ini juga menjadi sarana untuk memperkenalkan kearifan lokal dan budaya setempat kepada masyarakat luas. Setelah acara perebutan gunungan, acara dilanjutkan dengan pertunjukan kethoprak budaya, sebuah seni tradisional yang kini mulai langka.

Melalui acara ini, warga berharap dapat melestarikan budaya dan tradisi mereka serta memperkenalkan objek wisata Sumber Jatipohon kepada pengunjung.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut