get app
inews
Aa Read Next : Kesadaran Lansia di Bendosari Jaga Kebugaran Rendah, Tim PKM-PM UMS Gelar Program Kesehatan

Bawa Puisi Keprihatinan Tentang Palestina, Mahasiswi UMS Raih Juara 1 Lomba Qiroatus Syi'ir

Sabtu, 15 Juni 2024 | 18:56 WIB
header img
Ayu Lestari, mahasiswi MABAS UMS meraih juara 1 lomba Qiroatus Syi'ir Gema Karya Arab yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab UMY.Foto:iNews/ Istimewa

SUKOHARJO,iNewsSragen.id - Mahasiswi Ma'had Abu Bakar Ash-Shiddiq (MABAS) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) raih juara 1 pada lomba Qiroatus Syi'ir Gema Karya Arab yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Mahasiswi MABAS UMS yang membawakan karya puisi keprihatinan dan kecintaannya kepada Palestina ini tidak hanya berhasil menyingkirkan peserta dari dalam negeri, tetapi juga dari luar negeri karena lomba ini adalah tingkat internasional.

Mahasiswi tersebut adalah Ayu Lestari yang membacakan puisi dalam bahasa Arab yang artinya 'Al Quds adalah satu (hanya itu)'. Ia dinilai berhasil memahami arti dari puisi itu.

Syi'ir atau puisi meletakkan pada penghayatan atau perasaan penyair terhadap isi pesan dari puisi tersebut. Untuk itu, Ayu berusaha memahami arti dari puisi yang telah dia pilih dan mencari tahu bagaimana orang Arab membaca puisi.

"Pertama itu menceritakan tentang keindahan Palestina, otomatis kita perasaannya senang gitu, bahagia terus Cinta gitu. Diceritakan bahwa Palestina sedang dicoba untuk dihancurkan maka kita ada perasaan dan perasaan sedih," ungkap Ayu, Sabtu (15/6/2024).

Bagian terakhir itu adalah harapan, tambahnya. Jadi kita sangat berharap bahwa Palestina suatu saat nanti akan dibebaskan akan merdeka. Di sini perasaannya antara kesel, marah, sedih menjadi satu.

Ayu sendiri mengaku mengikuti lomba tersebut karena ingin menyuarakan apa yang dia rasakan atas kejadian yang terjadi di Palestina.

"Saya ingin banget menyuarakan Palestina, jadi saya menyuarakan Palestina itu lebih penting daripada kemenangan saya sendiri. Kemudian, saya bisa ikut andil dalam memajukan Ma'had Abu Bakar Ash-Shiddiq UMS," ujarnya.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut