get app
inews
Aa Read Next : UMS Persiapan Pembukaan KRI 2024 Tingkat Nasional, Gibran Dijadwalkan Hadir

Pembukaan KRI 2024 Tingkat Nasional di UMS, 57 Perguruan Tinggi Hadir Bawa Tim Robotik

Rabu, 03 Juli 2024 | 19:53 WIB
header img
Rektor UMS Sofyan Anif; Staf Ahli Kemendikbud Ristek Bidang Manajemen Talenta, Tatang Muttaqin; dan Kepala Puspenas Kemendikbud Ristek, Maria Veronica Irene Herdijono, membuka KRI 2024 di Edutorium KH Ahmad Dahlan UMS.Foto:iNews/ Nanang SN

SUKOHARJO,iNewsSragen.idKontes Robot Indonesia (KRI) 2024 tingkat nasional dengan peserta 57 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terdiri 142 tim, resmi dibuka di venue utama Edutorium KH Ahmad Dahlan kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Rabu (3/7/2024).

Selaku tuan rumah, Rektor UMS, Prof. Sofyan Anif, M. Si., menyampaikan penyelenggaraan KRI tiap tahunnya telah melahirkan insan-insan pemikir dan pembuat robot berkemampuan tinggi.

"KRI 2024 ini menjadi ajang eksplorasi kemampuan dalam perancangan implementasi dan strategi serta pengembangan ide. Disinilah pentingnya pengembangan kemampuan kreativitas, inovasi dan strategi," kata Rektor. 

Ia berpendapat, kontes robot nasional antar perguruan tinggi tersebut menjadi salah satu wahana mahasiswa dalam implementasi kreativitas dan inovasi melalui teori yang didapat di bangku kuliah

"UMS menyambut baik dan memberikan apresiasi yang tinggi, terhadap penyelenggaran ajang kreativitas dan inovasi yang diselenggarakan kepada UMS," imbuhnya.

Sedangkan Staff Ahli Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Bidang Manajemen Talenta, Tatang Muttaqin, Ph.D., yang hadir dalam pembukaan mengungkapkan, perkembangan talenta bidang robotik mengalami peningkatan yang terus menerus.

"Dengan adanya kegiatan ini diharapkan mampu mendapatkan banyak mitra yang bergabung untuk membangun ekosistem robot Indonesia. Robot menjadi perangkat mekanik yang dapat membantu pekerjaan dan tugas fisik, yang banyak berkembang di berbagai negara," ungkapnya.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut