get app
inews
Aa Read Next : Pasca Seleksi Wilayah I dan II, UMS Siap Gelar KRI 2024 di Edutorium KH Ahmad Dahlan

Muhammadiyah Dapat Lampu Hijau Bikin Bank, Begini Tanggapan Pakar Ekonomi Syariah UMS

Sabtu, 27 Juli 2024 | 18:28 WIB
header img
Pakar Ekonomi Syariah UMS, Muhammad Sholahuddin, S.E., M.Si., Ph.D.Foto:iNews/ Istimewa

SUKOHARJO,iNewsSragen.id Pakar Ekonomi Syariah Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Muhammad Sholahuddin, S.E., M.Si., Ph.D., memberikan tanggapan setelah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan memberi lampu hijau bagi Muhammadiyah yang ingin mendirikan bank atau mengakuisisi bank syariah di Indonesia.

"Muhammadiyah merupakan lembaga yang sifatnya bukan komersial, sementara bank adalah lembaga komersial. Jika Muhammadiyah mengakuisisi ataupun menanam saham di lembaga keuangan (perbankan), harus ada tujuan yang jelas fungsi bank tersebut itu untuk apa, apakah untuk masyarakat umum atau untuk persyarikatan Muhammadiyah sendiri," kata Sholahuddin, Sabtu (27/7/2024).

Menurut Sekprodi Program Studi Magister Manajemen UMS itu, ada beberapa lembaga keuangan syariah yang menyalurkan dananya kepada perusahaan besar. Di sisi lain, ada juga bank-bank tertentu digunakan untuk menyerap penghimpunan dana dari masyarakat tetapi disalurkan kepada perusahaannya sendiri.

"Misalkan perusahaan A butuh dana, tinggal ambil duit aja dari bank itu,  kalau perusahaan A collapse (bangkrut), banknya ikut bermasalah. Ini kan menunjukkan bahwa bank itu fungsinya bukan untuk rakyat, tapi untuk membesarkan perusahaanya sendiri," paparnya.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut