get app
inews
Aa Read Next : Dugaan Tindakan Represif Aparat di Sukoharjo, Pagar Nusa Siap Tempuh Jalur Hukum 

46 PTMA Kerahkan 1.310 Mahasiswa KKN di 2 Daerah, Salah Satunya Sukoharjo

Kamis, 01 Agustus 2024 | 18:56 WIB
header img
Pelepasan mahasiswa peserta KKNMAs 2024 di Edutorium KH Ahmad Dahlan UMS.Foto:iNews/ Nanang SN

SUKOHARJO,iNewsSragen.id - Sebanyak 1.310 mahasiswa dari 46 Perguruan Tinggi Muhammadiyah - 'Aisyiyah (PTMA) resmi dilepas ke dua daerah, yakni Sukoharjo dan Karanganyar sebagai peserta Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah-'Aisyiyah (KKNMAs) 2024.

Para mahasiswa peserta KKNMAs yang datang dari berbagai daerah di Indonesia itu akan disebar di 148 desa dengan rincian, 77 desa di Sukoharjo dan 71 di Karanganyar. Pelepasan peserta KKNMAs itu berlangsung di Edutorium KH Ahmad Dahlan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Kamis (1/8/2024).

Ketua Panitia KKNMAs 2024, Prof. Dr. Kuswaji Dwi Priyono, M.Si., menyampaikan bahwa prinsip dari KKNMAs adalah menunjukkan kebersamaan dalam kolaborasi memajukan bangsa. Target kali ini adalah pemberdayaan UMKM dan penurunan angka stunting.

Komitmen ini diaplikasikan melalui tema UMKM Unggul, Stunting Menurun, dengan sub tema Inovasi, Digitalisasi UMKM melalui Potensi Lokal dan Pemberdayaan Pencegahan Stunting Menuju Indonesia Emas 2045.

"Hari ini mereka kami lepas ke lokasi KKN. Untuk pemilihan Sukoharjo sebagai lokasi karena kami punya hubungan batin lebih dekat, sedangkan Karanganyar sebelumnya sudah ada pembicaraan dengan Pak Yuliatmono sewaktu masih menjabat bupati dan kebetulan beliau juga alumni UMS," ungkap Kuswaji.

Prof. Dr. Suwarno, M.Si., selaku Ketua Panitia Pusat KKNMAs mengatakan, program KKNMAs ini nyatanya telah menjadi kegiatan pilihan mahasiswa. Mereka selama 40 hari akan melakukan kegiatan di desa lokasi KKN.

"Mahasiswa akan berprogram melaksanakan kegiatan. Ada tiga program, yang pertama adalah program pokok, program yang harus dilakukan oleh kelompok mahasiswa. Dalam penyelenggaraan program ini harus sesuai dengan tema utama yaitu UMKM Unggul, Stunting Menurun," jelasnya.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut