get app
inews
Aa Read Next : Hebohkan Warga, Penemuan Bayi Perempuan Dibuang di Teras Rumah Dalam Penyelidikan Polres Sragen

Memetri Bumi, Ratusan Warga Berebut Gunungan di Petilasan Sunan Geseng

Jum'at, 02 Agustus 2024 | 18:09 WIB
header img
Ratusan warga Desa Musuk, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen, saling berebut lima gunungan hasil bumi setelah peresmian Petilasan Eyang Cokro Joyo Kanjeng Sunan Geseng di bukit setempat, Jumat, (2/8/2024).Foto:iNews/Joko P

SRAGEN, iNewsSragen.id - Ratusan warga Desa Musuk, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen, saling berebut lima gunungan hasil bumi setelah peresmian Petilasan Eyang Cokro Joyo Kanjeng Sunan Geseng di bukit setempat, Jumat, (2/8/2024).

Acara yang dinamakan Memetri Bumi Eyang Cokro Kanjeng Sunan Geseng ini melibatkan berbagai rangkaian kegiatan, termasuk lomba tumpeng dan kirab gunungan sejauh 400 meter menuju petilasan.

Sesampainya di lokasi, dilakukan pemotongan pita sebagai simbol pembukaan dan doa oleh para manggolo yudo dan pinisepuh desa sebelum gunungan diperebutkan.

Gunungan yang terdiri dari hasil bumi seperti kacang, jagung, dan kentang ini menjadi pusat perhatian warga dari berbagai usia. Raut wajah sumringah terlihat pada mereka yang berhasil mendapatkan gunungan tersebut.

Kepala Desa Musuk, Suharno, menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari peresmian makam Cokro Joyo Kanjeng Sunan Geseng dan bertujuan untuk mengangkat perekonomian warga.

Ia berharap acara serupa dapat digelar secara rutin, seiring dengan kegiatan sedekah bumi yang sebelumnya dilakukan dua kali setahun.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut