get app
inews
Aa Read Next : Dugaan Tindakan Represif Aparat di Sukoharjo, Pagar Nusa Siap Tempuh Jalur Hukum 

Terdampak El Nino, Petani di Sukoharjo Terima Bantuan Alsintan

Rabu, 07 Agustus 2024 | 17:15 WIB
header img
Bupati Sukoharjo Etik Suryani mengecek kondisi salah satu alsintan bantuan untuk petani di Kabupaten Sukoharjo.Foto:iNews/ Nanang SN

SUKOHARJO,iNewsSragen.id - Sebanyak 26 unit alat mesin pertanian (alsintan) dan empat unit kendaraan angkutan barang bak terbuka roda tiga diterima Kelompok Tani/ Gabungan Kelompok Tani/ P3A Kabupaten Sukoharjo.

Bantuan yang berasal dari Kementerian Pertanian (Kementan) dan Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau (DBHCT) tersebut secara simbolis diserahkan melalui Bupati Sukoharjo Etik Suryani dalam upacara apel alsintan di halaman Setda Kabupaten Sukoharjo, Rabu (7/8/2024).

"Pemberian bantuan (alsintan) merupakan salah satu cara pemerintah untuk meringankan beban petani yang terdampak El Nino pada 2023 lalu yang masih dirasakan hingga 2024 ini, dengan mundurnya musim tanam," kata Etik saat apel.

Didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo Bagas Windaryatno saat menyerahkan bantuan, Etik menyampaikan, perubahan iklim merupakan hal yang tidak dapat dihindari akibat pemanasan global dan diyakini akan berdampak berbagai aspek kehidupan, termasuk sektor pertanian.

"Dampak perubahan iklim ini dapat menjadikan sebuah ancaman bagi penurunan produksi pertanian. Penurunan produksi pertanian akan memicu kenaikan harga pangan yang selanjutnya berimbas pada penurunan daya beli pangan rumah tangga," paparnya.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut