get app
inews
Aa Read Next : Keluhan Kulit Kering Saat Kemarau, Ini Saran Owner Norma Aesthetic Clinic

Pura Mangkunegaran Beri Perlindungan Abdi Dalem Menggandeng BPJS Ketenagakerjaan

Jum'at, 09 Agustus 2024 | 19:55 WIB
header img
Pengageng Pura Mangkunegaran, G.R.Aj. Ancillasura Marina Sudjiwo secara simbolis menerima tanda kepesertaan abdi dalem dari BPJS Ketenagakerjaan.Foto:iNews/Istimewa

SOLO,iNewsSragen.id - Jaminan perlindungan dari resiko aktivitas dan upaya meningkatkan kesejahteraan para abdi dalem, diberikan Pura Mangkunegaran Solo dengan menggandeng BPJS Ketenagakerjaan.

"Ini upaya untuk meningkatkan kepedulian dan kesejahteraan abdi dalem, dengan catatan kinerja ditingkatkan," kata Pengageng Pura Mangkunegaran, G.R.Aj. Ancillasura Marina Sudjiwo, usai serah terima kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan untuk abdi dalem di Pura Mangkunegaran, Jum’at (9/8/2024).

Ia menyebut, saat ini abdi dalem yang mendapat jaminan perlindungan dari BPJS Ketenagakerjaan ada 102. Mereka bertugas di dalam Pura Mangkunegaran. Sedangkan secara total terdata ada 217 abdi dalem yang bertugas di luar Pura Mangkunegaran.

"Kalau saat ini baru 102 untuk abdi dalem di dalam saja yang bekerja aktif, tetapi harapan kedepannya keseluruhan akan tersebar (semua mendapat perlindungan-Red), ini masih akan berjalan," imbuh G.R.Aj. Ancillasura.

Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Jateng & DIY, Isnavodiar Jatmiko, mengaku bahwa pekerja yang berada di bawah kebudayaan berbeda dengan yang lain, namun tetap dianggap urgensi dan risiko dinilai tinggi.

"Resiko yang tinggi seringkali tidak disadari, jadi kalau di seni budaya kami harus mulai masuk dari yang paling beresiko," ungkapnya.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut