get app
inews
Aa Read Next : Dugaan Tindakan Represif Aparat di Sukoharjo, Pagar Nusa Siap Tempuh Jalur Hukum 

PAN Susul 6 Parpol Serahkan Rekomendasi Usung Etik-Sapto di Pilkada Sukoharjo

Minggu, 25 Agustus 2024 | 19:25 WIB
header img
DPD PAN Sukoharjo menyerahkan surat rekomendasi kepada pasangan Etik Suryani-Sapto Eko Purnomo sebagai bapaslon bupati-wakil bupati di Pilkada Sukoharjo 2024.Foto:iNews/ Nanang SN

SUKOHARJO,iNewsSragen.id - DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Sukoharjo resmi menyusul enam partai politik yang telah menyerahkan rekomendasi bakal pasangan calon (bapaslon) bupati-wakil bupati Pilkada Sukoharjo 2024 kepada Etik Suryani-Eko Sapto Purnomo.

Penyerahan surat rekomendasi partai kepada Etik-Sapto dilakukan oleh Sekretaris DPD PAN Sukoharjo Narno Raharjo disaksikan jajaran pengurus di Sekretariat DPD PAN Sukoharjo, Minggu (25/8/2024) sore.

"Kami dalam memutuskan ini sudah melalui proses yang panjang. Seperti banyak diketahui, bahwa sebelumnya kami juga melakukan komunikasi untuk penjajakan dengan beberapa partai seperti Golkar, Nasdem, dan yang lainnya. Akhirnya mengerucut ke Etik-Sapto," kata Narno.

Menurutnya, PAN sepakat dengan program yang akan dijalankan Etik-Sapto jika nanti terpilih sebagai bupati-wakil bupati di Kabupaten Sukoharjo periode 2024-2029. Diantara program itu adalah percepatan dan pemerataan pembangunan.

"Semua yang disampaikan oleh Ibu Etik dan Pak Sapto, yaitu keberlanjutan dalam pembangunan, kami setuju. Karena itu selaras dengan harapan PAN," imbuh Narno.

Usai seremonial, Etik membenarkan bahwa surat rekomendasi dari PAN merupakan yang terakhir dari parpol diterimanya mendekati waktu pendaftaran bapaslon bupati-wakil bupati ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo.

"Ya (melengkapi jumlah parpol pengusung menjadi total tujuh parpol pemilik 45 kursi legislatif DPRD Sukoharjo)," kata Etik singkat.

Sedangkan Sapto, membenarkan bahwa secara prinsip semua parpol pemilik kursi DPRD Sukoharjo sudah menyerahkan surat rekomendasi kepada pihaknya (Etik-Sapto), diusung sebagai bapaslon bupati-wakil bupati.

"Jadi, tinggal nanti seremonialnya (bersama). Insya Allah, akan mendaftar ke KPU pada tanggal 29 Agustus 2024," terang Sapto yang juga Sekretaris DPC Partai Gerindra Sukoharjo.

Diakui, proses pencalonan yang dijalaninya telah melalui tahapan dan waktu yang panjang. Dalam hal kesepakatan membangun koalisi bersama tujuh parpol, ia harus melalui proses penjaringan di masing-masing parpol.

"Kami mempunyai keyakinan, masing-masing parpol sudah punya banyak pertimbangan, melihat situasi dan kondisi masyarakat sehingga memutuskan untuk bekerja sama membangun koalisi. Harapan kami tidak ada bias, ini 'match' (cocok) bahwa keputusan partai juga akan diikuti oleh para konstituennya," pungkas Sapto.

Berikut tujuh parpol pemilik 45 kursi DPRD Sukoharjo yang telah memberi rekomendasi kepada Etik-Sapto sebagai bapaslon bupati-wakil bupati:

1.PDIP        : 21 kursi

2.Gerindra  : 6  kursi

3.PKB          : 3  kursi

4.Nasdem   : 1  kursi

5.PKS          : 5  kursi

6.Golkar      : 6  kursi

7.PAN         : 3  kursi.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut