get app
inews
Aa Read Next : Grebeg Penjalin Desa Trangsan Kembali Digelar Kurang Greget

Unik, DPD PAN Sukoharjo Daftarkan 45 Bacaleg ke KPU Diiringi Alunan Gending Jawa

Jum'at, 12 Mei 2023 | 20:24 WIB
header img
Kelompok kesenian karawitan mengalunkan gending Jawa mengiringi kedatangan rombongan DPD PAN Sukoharjo di KPU Sukoharjo.Foto:iNews/Nanang SN

SUKOHARJO,iNewsSragen.id - Tetabuhan gending Jawa yang dimainkan kelompok karawitan mengalun mengiringi kedatangan rombongan pengurus DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Sukoharjo di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sukoharjo pada, Jum'at (12/5/2023) sore.

Cara unik membawa kelompok karawitan yang biasa tampil di acara hajatan pernikahan itu, disebutkan merupakan bagian dari upaya melestarikan seni dan budaya tradisional. Turut serta dibawa untuk unjuk ketrampilan, beberapa pesilat dari Tapak Suci.

Ketua DPD PAN Sukoharjo, Sunoto, menyampaikan bahwa pihaknya sengaja membawa kelompok karawitan dan pesilat untuk mengiringi rombongan pengurus dan bacaleg sebagai upaya ikut melestarikan seni budaya tradisional Jawa.

"Ini bukan sekedar pencitraan semata, tapi kami memang ingin turut berpartisipasi melestarikan seni dan budaya tradisional di Sukoharjo dengan memberi ruang yang lebih luas kepada para seniman. Karena di Sukoharjo sendiri perhatiannya masih kurang," jelasnya.

Terkait pengajuan bacaleg DPRD Kabupaten, Sunoto mengatakan, sesuai dengan instruksi DPP PAN, pihaknya diminta bersama dengan seluruh pengurus PAN yang ada di Indonesia mendaftarkan ke KPU secara serentak.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut