get app
inews
Aa Read Next : Kodim 0717 Grobogan Bantah Anggota TNI Terlibat Penganiayaan di SPBU

Upaya Pemadaman Api di Lahan Hutan KPH Purwodadi, Membutuhkan Waktu 3 Hari Baru Padam

Jum'at, 06 September 2024 | 23:13 WIB
header img
Petugas memadamkan api yang membakar lahan hutan di wilayah RPH pada Senin malam lalu akhirnya berhasil padam pada Kamis sore.Foto:iNews/Rustaman N

Pihak Perhutani KPH Purwodadi, Grobogan, Jawa Tengah, juga menambahkan bahwa seluruh api sudah berhasil dipadamkan. Namun Perhutani bersama LMDH terus bersiaga untuk melakukan pemantauan hutan.

“Kita telah gerak cepat untuk memadamkan api. Pada awal kebakaran perhutani sudah menghubungi pihak pemadam kebakaran untuk membantu penyemprotan api yang menjalar di sekitaran jalan utama Grobogan menuju Kudus. Dan alhamdulillah api bisa dipadamkan, Ungkap ADM perhutani KPH Purwodadi.

Pada Jumat siang, Petugas Perhutani KPH Purwodadi masih terus melakukan pemantauan di sekitar lokasi kebakaran serta melakukan pemadaman titik api yang masih mengeluarkan asap karena sangat berpotensi api kembali menyala. Dugaan sementara api berasal dari puntung rokok yang dibuang di lokasi hutan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

“Banyaknya daun kering dan cuaca panas ekstrim seperti ini sangat mudah memicu kebakaran, apalagi hal ini dipicu oleh adanya orang yang membuang puntung rokok sembarangan di atas tumpukan daun kering di lokasi hutan,” tegas Untoro.

Setelah api berhasil ditaklukkan, arus lalulintas dari Grobogan – Kudus, Jawa Tengah,dan sebaliknya kembali normal. Sementara itu, aktivitas warga Desa Hutan dan sekitarnya juga kembali berjalan seperti biasanya.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut