get app
inews
Aa Read Next : Kodim 0717 Grobogan Bantah Anggota TNI Terlibat Penganiayaan di SPBU

Upaya Pemadaman Api di Lahan Hutan KPH Purwodadi, Membutuhkan Waktu 3 Hari Baru Padam

Jum'at, 06 September 2024 | 23:13 WIB
header img
Petugas memadamkan api yang membakar lahan hutan di wilayah RPH pada Senin malam lalu akhirnya berhasil padam pada Kamis sore.Foto:iNews/Rustaman N

GROBOGAN, iNewsSragen.id - Api yang membakar lahan hutan di wilayah RPH pada Senin malam lalu akhirnya berhasil padam pada Kamis sore setelah petugas Perhutani KPH Purwodadi, grobogan, Jawa Tengah terjun ke lokasi kebakaran. Sejumlah titik api yang masih menyala dipadamkan dengan menggunakan peralatan seadanya.

Setelah 3 hari melakukan pemadaman api yang menjalar hingga ke tengah lahan perhutani KPH Purwodadi di wilayah RHP Sinawah, BPKH Jatipohon, Grobogan, petugas akhirnya berhasil memadamkan seluruh titik api yang belum bisa dipadamkan saat awal kebakaran terjadi.

Kondisi jalur yang tidak bisa dilewati oleh kendaraan, petugas terpaksa melakukan pemadaman dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak di sepanjang wilayah hutan.

Berdasarkan data dari Perhutani KPH Purwodadi, Grobogan, Jawa Tengah, luas hutan yang terbakar saat ini mencapai 0,20 hektar. Dengan menggunakan alat seadanya seperti ranting pohon, parang maupun sabit, petugas perhutani yang dibantu warga dari lembaga masyarakat daerah hutan (LMDH) terus berusaha mematikan sejumlah titik api yang tersebar di tengah hutan.

Administratur (ADM) Perhutani KPH Purwodadi, Utoro Tri Kurniawan menjelaskan bahwa hingga Kamis sore Petugas Terus bergerak cepat melakukan pemadaman api agar api tidak menyebar. Mengingat cuaca panas saat ini sangat ekstrim sehingga sangat berpotensi untuk munculnya titik api baru.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut