get app
inews
Aa Read Next : Kebakaran Hebat Melanda 2 Rumah Warga Taraman Sragen, 10 Kambing Mati Terpanggang

Kirab Budaya Hari Jadi ke-103 Desa Karangpelem Sragen Tampilkan Kesenian Untup-Untup

Senin, 09 September 2024 | 23:06 WIB
header img
Kreativitas warga dalam kirab budaya dari pertunjukan kesenian khas Desa Karangpelem, seperti untup-untup yang menggunakan alat musik bambu.Foto:iNews/Joko P

SRAGEN, iNewsSragen.id - Hari Jadi ke-103 Desa Karangpelem, Kecamatan Kedawung, Sragen, Jawa Tengah, yang dirayakan, Senin (9/9/2024) pagi di Umbul Ngepok tampaknya sangat meriah dan penuh warna.

Ribuan pengunjung menyemarakkan acara yang dipusatkan di kolam renang Umbul Ngepok, dengan berbagai aktivitas dan kesenian yang memikat perhatian.

Kepala desa Karangpelem, Suwarno, menyampaikan kirab budaya yang diadakan menampilkan tiga gunungan besar yang dipanggul oleh perwakilan organisasi pencak silat, menunjukkan semangat kerjasama dan kebersamaan warga desa.

Selain itu, bendera Merah Putih sepanjang 500 meter dan penampilan drumband oleh anak-anak SD menambah suasana meriah.

Kreativitas warga juga tampak dari pertunjukan kesenian khas Desa Karangpelem, seperti untup-untup yang menggunakan alat musik bambu, dan prosesi ritual pengambilan air Umbul Ngepok yang dikemas dalam fragmen drama dengan tarian sakral oleh siswa SMKN Tanon.

Salah satu gunungan bahkan menjadi rebutan warga dalam waktu singkat, mencerminkan antusiasme masyarakat terhadap acara ini. Begitu juga dengan nasi tumpeng yang cepat habis diambil oleh penonton.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut