get app
inews
Aa Read Next : Diduga Dendam, Pria di Purbayan Pukul Mertua Pakai Palu Hingga Tewas

Pengundian Nomor Urut Pilkada Sukoharjo, Etik-Sapto Dipastikan Lawan Kotak Kosong

Senin, 23 September 2024 | 19:36 WIB
header img
Pengundian nomor urut Pilkada Sukoharjo, paslon Etik-Sapto bakal melawan kotak kosong.Foto:iNews/ Nanang SN

SUKOHARJO,iNewsSragen.idKomisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukoharjo menggelar pengundian dan penetapan nomor urut untuk pasangan calon bupati dan wakil bupati dalam Pilkada yang akan digelar pada 27 November 2024 mendatang.

Dihadiri pasangan calon (paslon) dan perwakilan dari partai politik pendukung, rapat pleno yang mendapat penjagaan ketat aparat keamanan itu berlangsung di pendopo KPU Sukoharjo, Senin (23/9/2024).

Paslon bupati dan wakil bupati, Etik Suryani-Eko Sapto Purnomo hadir di KPU kompak mengenakan baju putih dengan bawahan celana panjang warna hitam. Mereka disambut oleh lima anggota KPU sebelum acara pengundian nomor.

Setelah dipersilahkan oleh pembawa acara, Etik-Sapto kemudian maju mengambil nomor urut disaksikan secara terbuka oleh para pengurus partai dan sebagian kader serta simpatisan yang turut serta hadir di KPU.

Mengingat dalam Pilkada Sukoharjo hanya diikuti satu paslon tunggal maka dua selongsong berisi kertas nomor urut disiapkan okeh KPU, yakni berisi nomor 1 dan 2. Hasilnya, Etik-Sapto mendapatkan nomor urut 1, sedangkan nomor urut 2 otomatis adalah kotak kosong.

Dengan hasil itu, nantinya dalam surat suara akan tercetak dua kolom, yakni kolom nomor urut 1 terdapat foto Etik-Sapto, sedangkan kolom nomor 2 tanpa ada foto, alias kosong. Nantinya, masyarakat dipersilahkan memilih, apakah mencoblos nomor 1 atau nomor 2. Dua pilihan itu sama-sama sah.

"Bagi kami nomor 1 atau 2 tidak ada masalah. Tapi tadi wong namanya rezeki, kita dapat nomor 1. Harapan kami nomor 1 ini nanti mudah-mudahan bisa membawakan berkah," kata Etik.

Etik yang saat ini masih menjabat sebagai Bupati Sukoharjo akan mulai cuti pada Rabu (25/9/2024) mendatang. Saat disinggung soal strategi kampanye, dia menjelaskan akan fokus pada komunikasi dan koordinasi dengan timnya, meski hanya melawan kotak kosong.

Ketua KPU Sukoharjo, Syakbani Eko Raharjo mengatakan paslon Etik-Sapto didukung 12 parpol gabungan yang terdiri dari NasDem, PKS, PAN, PKB, Golkar, Gerindra, Demokrat, PDIP, Perindo, Partai Buruh, PBB, dan PSI.

Menyinggung komposisi surat suara, Syakbani menjelaskan, foto paslon nomor urut 1 akan berada di sebelah kiri surat suara dan kotak kosong di sebelah kanan.

"Di surat suara nanti ada 1 kolom berfoto, dan satu kolom tidak ada fotonya," tegasnya

Diketahui, pada masa kampanye nanti, Etik yang mengambil cuti dari jabatannya sebagai Bupati Sukoharjo, maka tugas dan wewenang bupati akan dijalankan oleh Wakil Bupati Sukoharjo Agus Santoso.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut