get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Pelari Meriahkan Agustina WP Fun Run With GEN Z

Waduh! 9,9 Juta Gen Z bakal Nganggur Tahun Depan, Ini Alasannya

Sabtu, 26 Oktober 2024 | 19:44 WIB
header img
Iustrasi gen z bakal nganggur di tahun depan (foto: Freepik)

JAKARTA, iNewsSragen.id - Sebanyak 9,9 juta Gen Z diperkirakan akan menganggur tahun depan akibat ketidaksesuaian antara keterampilan yang dimiliki dan kebutuhan pasar kerja.

Menurut Dosen Universitas Paramadina, Tia Rahmania, sekitar 27 persen Gen Z akan memasuki angkatan kerja, namun banyak di antaranya yang berisiko menganggur.

“Banyak Gen Z yang mengalami stres kerja karena sulit menghargai proses, yang berujung pada ambisi dan ekspektasi yang tinggi,” ujar Tia dalam diskusi bertema ‘Gen-Z & Work Ethic Problem’ yang diadakan pada Jumat (25/10/2024).

Ia juga menjelaskan bahwa fenomena saat ini menunjukkan Gen Z kurang disiplin, terlalu menuntut, berorientasi pada hasil, mencari keseimbangan kerja-hidup, menolak lingkungan kerja yang toxic, serta cenderung menjadi pemilih dalam pekerjaan.

Ketika menjadi atasan, Gen Z cenderung memposisikan bawahan sebagai mitra, pentingnya manajemen keuangan, dan munculnya istilah seperti YOLO, FOMO, dan jam koma.

Di masa remaja atau awal dewasa, mereka sering merasa krisis identitas, sangat bergantung pada teman dekat, moody, serta merasa orang tua terlalu ikut campur dan terjebak dalam kompetisi yang ketat.

“Banyak yang mengadopsi istilah ATM, yang berarti amati, teliti, dan modifikasi,” tambahnya.

Editor : Joko Piroso

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut