Catat, Ini Fungsi dan Peran Penting Humas dalam Sebuah Organisasi!

Sugiyanto
Tim Humas SH Terate Cabang Ponorogo dan Cabang Tulungagung bersama Ketua LHA SH Terate Pusat, Sabtu (25/3/2023). (FOTO: Terate.tv)

Jika dikaitkan dengan definisi humas, maka aktivitas humas dimulai dari review internal organisasi kehumasan hingga aktivitas brand image building. Dari sudut pandang operasional, humas adalah fungsi koordinasi khusus, yang berarti bahwa humas membantu menjaga aturan main bersama melalui saluran komunikasi internal dan eksternal untuk mencapai saling pengertian atau kerjasama antara organisasi dan organisasinya. publik. Termasuk di dalamnya mengidentifikasi dan menanggapi opini publik sesuai dengan kebijakan instansi terkait, serta membantu fungsi manajemen dalam mengantisipasi, memantau dan memanfaatkan berbagai peluang dan tantangan atau perubahan atau perubahan yang muncul di masyarakat.

Humas dapat berperan dalam fungsi sebagai sistem peringatan dini yang mendukung atau membantu manajemen organisasi menghadapi peluang buruk yang akan muncul dalam organisasi. Dimulai dengan munculnya konten informasi negatif di berbagai media massa, mulai dari menyebarkan topik negatif yang kurang menguntungkan terhadap produk atau mengatasnamakan organisasi/lembaga yang kesulitan hingga mempermalukan citranya atau bahkan kehilangan citra yang dapat menimbulkan berbagai risiko: krisis kepercayaan dan krisis manajemen.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Humas akan menjalankan fungsinya, yaitu kepentingan menjaga nama baik dan citra organisasi/instansi, tujuannya agar organisasi/instansi tersebut selalu berada pada posisi yang menguntungkan. Salah satu metode yang digunakan adalah membujuk dengan sarana instruktif dan informatif yang mendukung ajakan atau himbauan, bukan paksaan. 



Editor : Joko Piroso

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5 6

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network