Wanita Selalu Disebut Sumber Fitnah Terbesar bagi Laki-laki? Ini Riwayatnya

Widaningsih
Mengapa wanita selalu disebut sebagai sumber fitnah terbesar bagi laki-laki? Karena wanita, banyak laki-laki terperdaya, tergoda bahkan menjadi gila. Foto ilustrasi/istimewa

1.Fitrah dan Tabiiat laki-laki adalah menyukai wanita Imam Al Mubarakfury menjelaskan tentang hadis Usamah bin Zaid di atas sebagai berikut: wanita menjadi fitnah berbahaya bagi laki-laki karena adanya keumuman sifat atau tabiat laki-laki yang sangat mencintai wanita. Padahal jika seorang sudah menyukai wanita, maka pria tersebut dapat hilang akal dan agamanya.

Seorang laki-laki bisa terjatuh pada perkara haram seperti zina, perselingkuhan, dan pemerkosaan hanya karena daya tariknya pada wanita. Seorang laki-laki juga dapat tergoda pada perkara dunia karena pasangannya. Bahkan terdapat pula peperangan yang terjadi hanya karena wanita. “Maka ujian apalagi yang lebih dahsyat darinya?” kata Al Mubarakfuri.

2. Wanita sangat indah dilihat Ada beberapa kesenangan hidup di dunia, yakni wanita, anak, dan harta. Ketiganya selalu nampak indah dan penuh pesona di mata pria. Secara fitrah pria menyukai keindahan para wanita, tak mengenal cantik atau tidak. Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman, [arabOpen}زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوٰتِ مِنَ النِّسَآءِ وَالۡبَـنِيۡنَ وَالۡقَنَاطِيۡرِ الۡمُقَنۡطَرَةِ مِنَ الذَّهَبِ وَالۡفِضَّةِ وَالۡخَـيۡلِ الۡمُسَوَّمَةِ وَالۡاَنۡعَامِ وَالۡحَـرۡثِ‌ؕ ذٰ لِكَ مَتَاعُ الۡحَيٰوةِ الدُّنۡيَا ‌ۚ وَاللّٰهُ عِنۡدَهٗ حُسۡنُ الۡمَاٰبِ{arabClose] “Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak, dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga).” (QS. Ali ‘Imran: 14). Dalam ayat di atas, wanita disebut pertama kali sebelum anak dan harta. Ketiganya disebut secara khusus karena menjadi fitnah yang paling dahsyat dibanding fitnah-fitnah yang lain. Imam Ibnu Hajar bahkan menjelaskan, penyebutan wanita pada urutan pertama menunjukkan bahwa fitnah wanita adalah sumber dari segala fitnah.



Editor : Joko Piroso

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network