OPINI: Seni Musik sebagai Sarana untuk Membentuk Nilai Karakter Siswa

Sugiyanto
Seni musik menjadi sarana untuk membentuk nilai karakter siswa. (Foto: Kolase/iNews)

SEMARANG, iNewsSragen.id - Pendidikan merupakan usaha yang dilakukan secara sadar dan sistematis yang bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik. Pendidikan juga dapat dikatakan sebagai usaha bangsa dan masyarakat dalam rangka mempersiapkan masa depan dengan kehidupan yang lebih baik.

Oleh karena itu, pendidikan menjadi suatu hal yang penting dan utama dalam rangka pembangunan bangsa dan negara.

Dapat dilihat dari isi Pembukaan UUD 1945 alinea ke-4 yang menjelaskan bahwa tujuan nasional bangsa Indonesia adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Dengan adanya Pendidikan, sesorang mendapatkan bekal pengetahuan, keahlian, dan keterampilan sehingga menjadikan seseorang sebagai manusia seutuhnya baik secara lahiriah maupun batiniah.

Untuk mencapai hal tersebut harus melalui pewarisan budaya dan karakter yang dimiliki oleh sebuah bangsa. Dengan adanya budaya dan karakter tersebut, dapat membantu manusia menjadi cerdas, pintar, dan berkarakter.

Karakter menjadi salah satu perhatian khusus dalam menyiapkan generasi yang berkualitas. Melihat adanya perubahan keadaan zaman yang begitu pesat mengakibatkan banyak dampak baik positif ataupun negatif, apalagi terkait dengan seni dan moral.
Pendidikan karakter diukur sebagai salah satu jalan yang efektif sebagai bekal untuk siswa mengatasi perubahan zaman dan segala bentuk dampaknya.

Nilai-nilai pendidikan karakter dapat ditanamkan melalui berbagai mata pelajaran di sekolah dengan tetap mengintegrasikan nilai-nilai karakter itu sendiri ke dalam materi pembelajaran. Hal tersebut karena tujuan seni musik di sekolah tidak semata mata hanya untuk menjadikan siswa terampil dalam bermain musik, melainkan juga sebagai media untuk membentuk karakter siswa.

Seni musik memiliki kekuatan luar biasa dalam membentuk nilai karakter siswa. Melalui belajar dan berpartisipasi dalam seni musik, siswa dapat mengembangkan kualitas seperti disiplin, kerja tim, empati, rasa tanggung jawab, dan ketekunan. 

Editor : Sugiyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network